SEMARANG, Mediajateng.net- Genangan yang terjadi di jalan Sawah Besar, Kelurahan Kaligawe, Kota Semarang, penyebabnya karena adanya air sungai yang mulai tidak tertampung di sungai Banjir Kanal Timur. Rendahnya daya tampung, dikarenakan tingkat sendimentasi yang sangat tinggi.
Karena rendahnya daya tampung, maka air dengan cepat meluap masuk ke dalam wilayah permukiman.
“Karena air sungainya meluap, kita langsung lakukan peninggian parapet serta penyedotan air menggunakan pompa sebagai upaya penanggulan “, tambahnya.
Selain itu, untuk memaksimalkan penanggulangan banjir di jalan Sawah Besar, Hendi mengatakan pengerjaan normalisasi Banjir Kanal Timur terus diupayakannya untuk segera dimulai.
“Jika melihat kondisi saat ini, pertengahan Desember tahun ini seharusnya sudah bisa dimulai, karena proses lelang sudah selesai, dan tanda tangan kontrak juga sudah dilakukan. Tinggal menunggu ijin dari Kementrian Keuangan untuk dapat dilaksanakan”, jelas Hendi kembali.
Hal tersebut diamini Kepala Dinas Pekerjaan Umum Pemerintah Kota Semarang Iswar Aminuddin. Dirinya bahkan mengatakan terus berkomunikasi dengan BBWS Pemali Juana terkait normalisasi Banjir Kanal Timur.
“Terus kita laporkan kepada Pak Wali perkembangannya, karena sudah sangat mendesak, sehingga kami diminta untuk terus mengawal”, tutur Iswar.