SEMARANG,Mediajateng.net, – Universitas Semarang (USM) melalui UPT Pusat Pengembangan Publikasi Ilmiah Dosen (P3ID) menggelar workshop metodologi penelitian kualitatif yang diikuti 250 dosen dan mahasiswa  di Aula Gedung V pada Selasa (8/7).

Peserta workshop kali ini tidak hanya diikuti dosen dari perguruan tinggi di Jawa Tengah saja namun juga dihadiri para peneliti dari perguruan tinggi dari Jawa Timur dan Jawa Barat.

Kegiatan yang dibuka Wakil Rektor I USM Prof Dr Hardani Widhiastuti MM Psikolog ini, menghadirkan narasumber Prof Anis Chariri SE Mcom PhD Ak CA dari Undip Semarang.

Dalam sambutannya hardani mengapresiasi kegiatan workshop ini karena bisa menambah ilmu pengetahuan tentang penelitian terutama bagi para dosen.

“Saat ini juga ada perkembangan dalam penelitian yang merupakan gabungan dari kuantitatif dan kualitatif, dari workshop ini peserta diharapkan bisa membedakan penelitian kuantitatif, kualitatif dan gabungan dari keduanya” tambahnya.

Sementara Prof Anis Chariri dalam materinya menanyakan kepada para peserta berapa yang sudah melakukan penelitian kuliatatif.

Menurut Guru Besar Undip ini bahwa sebelum melangkah lebih jauh yang penting faham filosofinya terlebih dahulu bukan pada teknik atau metodenya.

“Ada beberapa penelitian yang kelihatannya kualitatif tetapi ternyata bukan kualitatif, maka kita harus fahami dulu filosofinya sejak dari awal” ungkapnya.

“Selain itu peneliti juga harus bisa membedakan penelitian kuantitatif dan kualitatif, karakteristik riset kualitatif dan desain penelitian kualitatif” tambahnya. (ot/mj)