Semarang, Mediajateng.net, – Universitas Diponegoro (Undip) Semarang menerima secara resmi  808 mahasiswa baru Program Studi Diluar Kampus Utama (PSDKU) Tahun akademik 2019/2020 yang terdiri dari Program Sarjana Terapan 482 orang dan Program Vokasi 326 orang, di gedung Prof.Soedarto,SH kampus Undip Tembalang, Selasa (3/9).

Penerimaan mahasiswa baru Undip secara simbolis ditandai dengan pemasangan jaket almamater kepada beberapa perwakilan mahasiswa baru.

Rektor Undip Prof. Yos Johan Utama dalam sambutannya menyampaikan, Undip adalah jajaran universitas yang masuk sebagai World Class University.

“Jadi berbanggalah kalian yang telah masuk mengikuti seleksi dengan penyaringan yang sangat ketat,” ujar Rektor.

Rektor mengatakan bahwa Undip menjamin ketersediaan lapangan kerja yang luas bagi mahasiswa yang lulus nantinya dengan UCC.

Sejalan dengan Rektor, Wakil Rektor I Undip Budi Setiyono, Ph.D dalam sambutannya mengatakan bahwa setelah ini secara resmi akan dikukuhkan menjadi mahasiswa di Universitas Diponegoro yang menyandang nama besar Pangeran Diponegoro, salah satu universitas terbaik di Indonesia.

“Undip adalaah universitas yang terakreditasi A atau unggul, dan termasuk empat besar Universitas yang paling diminati di Republik Indonesia,” ujarnya.

Budi mengatakan bahwa proyeksi setelah mahasiswa lulus akan dibina melalui dua trajectory yaitu menjadi joobcreater/ wirausaha dan jobseeker/ pencari lapangan kerja dan Undip telah memfasilitasi dengan Undip Career Center.

“Dengan harapan ilmu yang telah diberikan di bangku kuliah nantinya dapat diterapkan untuk menjadi pemimpin besar yangg bermanfaat bagi nusa dan bangsa,” tutur Budi.

Budi menambahkan pada kesempatan ini para mahasiswa akan diserahkan kepada Dekan Sekolah Vokasi untuk selanjutnya dididik sesuai dengan tujuan program studi.

“Melalui upacara Penerimaan Mahasiswa Baru pagi ini, Saudara-saudara dikelompokkan dalam kelompok barisan sesuai wilayah Kabupaten. Dengan demikian Saudara-saudara bisa saling mengenal teman-teman seangkatan yang di kemudian hari diharapkan dapat berlanjut menjadi pergaulan yang lebih erat dan mewujudkan sebuah keluarga besar yang harmonis,” pungkasnya. (ot/mj)