SEMARANG, Mediajateng.net – Sebanyak 80 titik hutan siap dibangun Pemerintah kota Semarang untuk mendukung ketersediaan Ruang Terbuka Hijau di kota ini yang dirasa masih kurang.

Menurut Wakil Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu, dengan puluhan hutan kota diharapkan akan mendukung ketersediaan RTH yang baru di kisaran 20 % dari idealnya minimal 30 % dari luas wilayah.
 
”Rencana seperti disampaikan wali kota akan ada tambahan di 2017 sebanyak 80 titik hutan kota lagi,” katanya.

Ita, sapaan akrab Hevearita, meminta kepada camat dan lurah jika ada lahan kosong di wilayah masing-masing juga bisa dimanfaatkan untuk keberadaan RTH. Misalnya dibangun menjadi taman hidroponik, ditanami tanaman maupun sayuran seperti cabai, tomat, dan lainnya. Hal itu bisa dilakukan dengan dikerjasamakan atau swakelola dengan masyarakat untuk memanfaatkan lahan kosong.

”Pemanfaatan lahan bengkok juga jangan hanya disewakan, tapi bisa dibudidayakan dengan pola bagi hasil. Pemkot bisa mensupport bibitnya dan sarana produksinya, masyarakat yang menanam dan mengelolanya. Kita sudah minta Dinas Pertanian untuk membuat dan memperbanyak pertanian kota,” tandasnya.

Seperti diketahui, sebelumnya Pemkot Semarang baru memiliki satu hutan kota di Tlogosari Kulon Kecamatan Pedurungan, seluas 1000 m2. (MJ-036)