Purbalingga – mediajateng.net

Polsek Bojongsari Polres Purbalingga berhasil mengungkap kasus pencurian dan mengamankan pelaku beserta barang buktinya. Pelaku berinisial KM (21) warga Desa Munjul, Kecamatan Kutasari berhasil diamankan tanpa perlawanan di rumahnya, Jumat (21/7/2017) siang.

Korban pencurian adalah Wawan Andriyanto (40) warga Desa Beji RT 3 RW 2, Kecamatan Bojongsari, Purbalingga. Pencurian diketahui pada Senin (17/7/2017) saat korban akan melaksanakan shalat subuh. Korban mendapati empat cincin emas yang ditaruh di rak televisi sudah hilang. Saat dilakukan pengecekan ia mendapati jendela rumah sudah dalam keadaan rusak.

Kapolsek Bojongsari AKP Tri Arjo Irianto mengatakan bahwa pengungkapan kasus berawal dari keaktifan korban menginformasikan kejadian pencurian emas miliknya di sejumlah toko emas. Korban memberi informasi ciri perhiasan yang hilang dan agar mengabarkan apabila ada orang menjual emas tersebut.

Berbekal informasi yang disebar, salah satu karyawan toko emas yang ada di wilayah Kutasari memberi kabar kepada korban pada Jumat (21/7/2017) siang. Ia mengabarkan ada orang yang akan menjual emas di tokonya dengan ciri-ciri seperti milik korban yang hilang. Selanjutnya korban menghubungi polsek terkait hal tersebut.

“Mendapat informasi tersebut, Kanit Reskrim Polsek Bojongsari Aiptu Wardoyo beserta anggota langsung mendatangi toko emas di wilayah Kutasari untuk mengamankan pelaku,” jelas kapolsek.

Di lokasi, polisi mendapati seorang perempuan berinisial SSK (32) warga Desa Munjul, Kecamatan Kutasari yang akan menjual emas dengan ciri-ciri identik dengan milik korban yang hilang. Selanjutnya petugas melakukan pemeriksaan dan meminta keterangan orang tersebut.

Dari keterangan SSK, ia mengaku disuruh menjualkan emas oleh tetangganya yang berinisial KM. Apabila emas berhasil terjual dirinya dijanjikan akan diberikan imbalan uang. Namun dirinya tidak mengetahui bahwa emas tersebut ternyata barang curian.

“Berdasarkan informasi tersebut, petugas kemudian mendatangi rumah KM dan berhasil mengamankan pelaku tanpa perlawanan. Selanjutnya tersangka dibawa ke Polsek Bojongsari untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut,” jelas kapolsek.

Kapolsek menambahkan barang bukti yang diamankan yaitu satu buah cincin emas 5,630 gram dan dua lembar kwitansi cincin tersebut. Selain itu pihak Polsek juga masih melakukan pemeriksaan lebih lanjut terhadap SSK terkait keterangan yang diberikan.

Sementara itu, berdasarkan keterangan tersangka KM, dari empat cincin yang dicuri tiga diantaranya sudah laku dijual. Dua cincin dijual di Sokaraja sebesar Rp. 700 ribu oleh dirinya. Sedangkan satu cincin dijual di Purbalingga oleh SSK sebesar Rp. 500 ribu.

Setelah menjualkan barang curian tersebut, SSK diberi imbalan oleh tersangka sebesar Rp. 100 ribu. Sedangkan uang hasil penjualan yang lain sudah digunakan untuk membeli makanan dan diberikan kepada istrinya.

“Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya tersangka saat ini sudah mendekam di ruang tahanan Polsek Bojongsari. Kepadanya dikenakan pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan,” pungkas kapolsek. (MJ-303)