SEMARANG, Mediajateng.net – Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang melaksanakan pengambilan sumpah dokter yang ke 99. Tercatat 124 dokter baru mengungkapkan ikrarnya pada Sabtu (30/7) kemarin.
Dalam pengambilan sumpah kedokteran tersebut, Dekan Fakultas Kedokteran Unissula, dr Iwang Yusuf, M.Si mengungkapkan dengan meningkatnya sarana, prasana dan sumber daya manusia. Bahka saat ini, tenaga pengajar sudah cukup terpenuhi. “FK Unissula ini diampu oleh 382 orang, 69 lulusan S3, dengan Lektor Kepala sebanyak 59 orang,” ungkap dr Iwang Yusuf, M.Si.
Capaian tersebut ditambah dengan jumlah lulusan FK unissula yang tersebar di penjuru tanah air bahkan luar negeri. “Pengambilan sumpah dokter ke 99 ini merupakan periode ke tiga. Sampai saat ini, 4.340 dokter telah luluskan,” kata dia.
Dengan demikiian, lanjut dr Iwang, bukanlah hal mustahil bagi Fakultas Kedokteran Unissula untuk membuka pendidikan Spesialis Dokter. “Jika itu terealisasi (pembukaan pendidikan Spesialis Dokter) tentu akan membuat kita semakin dipercaya masyarakat,” ungkap dia.
Pesan khusus disampaikan Rektor Unissula, H. Anis Malik Thoha, Lc., Phd. Dirinya berharap seluruh dokter yang baru saja mengikrarkan sumpah untuk rela ditempatkan di berbagai penjuru tanah air. “Jangan jual diri dengan melakukan tindakan melawan hukum. Berkiprahlah sesuai regulasi yang ada,” kata dia.
FK Unissula juga sudah berkiprah di nasional dan internasional di antaranya saat ini menjadi Ketua Forum Kedokteran Islam Indonesia, menjadi anggota Konsorsium International Islamic Medical College beranggotakan banyak FK dari Inggris, Australia, Amerika, Afrika dan Asia. “Saat ini FK Unissula berada di urutan 83 peringkat secata nasional dan peringkat 5 di kopertis wilayah 6, tentu alumnus FK Unissula bisa bersaing dan memiliki kriteria yang mempuni bagi bangsa,” ungkapnya.
Pada Sumpah Dokter ke 99 Periode Ketiga Tahun 2016 ini terpilih sebagai lulusan terbaik (sumpahwan terbaik) dr Citta Arunika Risyudhanti (mahasiswa angkatan 2010) dari Kota Semarang. (MJ-069)

Comments are closed.