SEMARANG, Mediajateng.net – Sepinya pendonor darah tidak berpengaruh secara signifikan pada persediaan kantong darah selama bulan Ramadhan tahun ini. Pasalnya Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Semarang, telah melakukan ancang-ancang untuk persediaan darah sebelum masuk bulan Ramadhan.
Saat ini persediaan kantong darah mencapai 5070 buah. Direktur Unit Donor Darah PMI Kota Semarang, Rini Astuti, mengungkapkan, PMI telah mengejar stok persediaan darah minggu pertama bulan puasa sebelum memasuki bulan Ramadan. “Kita kejar target sebelum memasuki bulan Ramadan, sebagai pemenuh kebutuhan pada minggu pertama puasa,” ungkap dia.
Kejar target tersebut dengan cara menggelar donor darah dengan menggandeng instansi pemerintahan dan swasta. Persedian kantong darah saat ini telah tersedia untuk semua golongan darah. Namun persediaan itu diprediksi hanya cukup untuk 10 hari, dengan estimasi konsumsi 400 kantong darah perhari. “Kalau buat 10 hari ke depan cukup aman, tapi kalau tidak penambahan tentu akan menipis karena dalam sehari, sekitar 400 kantong darah yang dibutuhkan,” ungkap dia.
PMI saat ini terus melakukan penjaringan untuk mencari pendonor selama puasa. Caranya dengan menyediakan mobil donor darah di Jalan Pahlawan mulai pukul 16.00- 20.00 WIB dan kawasan Tembalang pada pukul 10.00- 13.00 WIB. “Hari pertama puasa (Senin kemarin, red) bisa mendapatkan 75 kantong di dua lokasi,” kata dia.
Donor darah ketika sedang menjalankan ibadah puasa sebenarnya tidaklah membatalkan puasa, ataupun menyebabkan tubuh lemas, hal ini dikarenakan darah di tubuh mencapai 5 liter dan donor hanya membutuhkan 350 cc saja. “Kami juga melakukan road show ke tempat ibadah, seperti di gereja, pura dan vihara untuk memudahkan pendonor untuk menyumbangkan darah,” paparnya. (MJ-069)

2 KOMENTAR

  1. Hi, i fеel that i saw you visiited my web sіte hus i
    got hеre to ?go back the prefer?.I am trying to to findd thіngs ttⲟ enhance
    myy web site!I assume its good enough to make use of
    a fеw of your concepts!!

Comments are closed.