BANJARNEGARA, Mediajateng.net –
Sakit bukan sesuatu yang diharapkan siapapun. Namun, untuk meminimalisasi resiko segala hal perlu disiapkan. Termasuk diantaranya, stok darah.

Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Banjarnegara, menjamin stock darah hingga H+7 lebaran Idul Fitri 1440 H aman.

Hal tersebut dikemukakan oleh Kepala Unit Donor Darah PMI Banjarnegara dr Agus Budi Susanto, Rabu (29/5).

“Kami pastikan angka ketersediaan darah atau stock di PMI Banjarnegara aman hingga H+7 lebaran mendatang,” katanya, seperti dikutip PMI Jateng kepada, Mediajateng.net.

Kondisi tersebut dipicu intensitas donor darah sukarela oleh masyarakat di Banjarnegara selama bulan Ramadhan tidak mengalami penurunan meski dilakukan setelah sholat tarawih.

“Kebetulan pada akhir Ramadhan ini kami mendapatkan jadwal dibeberapa wilayah yang potensial untuk pendonor darah sukarela seperti di desa Pesantren, kecamatan Wanayasa,” imbuh Agus, kepada Mediajateng.net.

Adapun permintaan darah hingga saat ini masih fluktiatif atau cenderung tidak ada peningkatan berarti.

Namun bagitu, PMI juga menyiapkan langkah antisipasi jika terjadi lonjakan permintaan pada saat jelang Idul Fitri yang bertepatan dengan arus mudik lebaran, seperti pada tahun sebelumnya.

Saat ini Unit Donor Darah PMI Banjarnegara masih rutin menyuplay darah ke beberapa bank darah di Rumah Sakit seperti RSUD Hj Anna Lasmanah, Rumah Sakit Islam, PKU Muhammadiyah, RS Emanuel Klampok dan beberapa Rumah Sakit lainya di wilayah Banyumas dan Wonosobo. Mj-50