Status Gunung Sinabung, AWAS!

2

SEMARANG, Mediajateng.net – Selain Gunung Bromo yang aktivitasnya kian meningkat, Gunung Sinabung di Kabupaten Karo Provinsi Sumatera Utara juga masih sangat tinggi.
Potensi terjadi letusan disertai luncuran awan panas dan hujan abu masih sangat tinggi. Data seismik pada Rabu (13/7) pagi hingga siang terjadi 18 kali guguran, dan indikator lain yang menunjukkan aktivitas vulkanik tinggi. Status Awas (level IV).
Hingga saat ini masih ada 9.319 jiwa (2.592 KK) masyarakat sekitar Gunung Sinabung yang mengungsi di 9 pos pengungsian. “Semua kebutuhan dasar bagi pengungsi sampai saat ini masih tercukupi,” ungkap Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB dalam siaran persnya.
Mengingat aktivitas vulkanik masih tinggi, tambah Sutopo, maka direkomendasikan agar masyarakat dan pengunjung/wisatawan tidak melakukan aktivitas di dalam radius 3 km dari puncak, dan masyarakat dalam jarak 7 km untuk sektor selatan-tenggara, dalam jarak 6 km untuk sektor tenggara-timur, serta dalam jarak 4 km untuk sektor utara – timurlaut G.Sinabung agar dievakuasi ke lokasi yang aman. “Masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung agar tetap waspada terhadap bahaya lahar,” kata dia. (MJ-070)

Comments are closed.