GROBOGAN, Mediajateng.net – Lahirnya sebuah museum‎ kereta api di area stasiun pertama di Indonesia yakni Stasiun Tanggungharjo, bukan saja menjadi bukti kelahiran perkeretaapian di Indonesia.
Namun, penghidupan stasiun yang sempat menjadi andalan warga hingga tahun 90-an, namun juga menjadi pendongkrak peningkatan perekonomian warga di wilayah kecamatan yang dikelilingi area pertanian tersebut.
Camat Tanggung, Djoko Mulyono, di ruang kerjanya mengungkapkan bahwa respon positif diberikan jika PT KAI dengan memanfaatkan komplek stasiun pertama di Indonesia itu menjadi museum, saksi tonggak pendirian kereta api di Indonesia.
Hal ini dikarenakan, keberadaam stasiun saat ini hanya sebagai stasiun lintasan yang tidak digunakan untuk naik turun penumpang. Bukan karena kerusakan, namun lebih karena tidak adanya kereta api yang berhenti di stasiun dengan kontruksi kayu jati tersebut.
Disisi lain, kebijakan pembangunan komplek museum kereta merupakan langkah penggalian potensi di Tanggungharjo. “Jika berhasil akan bawa nama harum Tanggungharjo. Cerita dan legenda Stasiun, pernah dengar cerita stasiun di Tanggung tertua dan lebih tua dari Kedungjati dan stasiun Ambarawa atau lebih dikenal stasiun Willyam,” ungkap Djoko.
Setelah ada renovasi dan pengembangan jalur dari Tuntang – Kedungjati, tidak banyak warga yang tahu jika stasiun tersebut merupakan stasiun yang pertama dibangun di Indonesia. Warga sekitarpun berfikir jika stasiun tertua adalah stasiun Ambarawa atau Kedungjati. “Pemangku wilayah sangat mendukung,” ungkap mantan Camat Kedungjati tersebut.
Diakui Djoko, berbeda dengan stasiun Juwangi dan stasiun Kedungjati yang berhasil diajukan agar kereta yang melintas bisa berhenti dan melayani penumpang yang hendak naik atau turun. “Selain tidak banyak penumpang, mungkin alasan komersial yang membuat kemungkinan pelayanan kereta dari stasiun Tanggungharjo susah direalisasi,” ungkapnya.
Harapan hidupnya kembali stasiun Tanggungharjo sebagai museum juga diungkapkan warga sekitar. Harapan stasiun bisa juga membuat daerah ramai dan sumber pendapatan menjadi harapan warga. (MJ-070)

1 KOMENTAR

  1. unquestionably just like your web-site nevertheless you have to use phone transliteration upon a few of your content regularly. A number of them are filled along with punctuational issues and I to seek out that quite troublesome in truth nonetheless I will definitely come once again yet again kumpulan youtube terbaik.

Comments are closed.