Solidaritas Wabah Corona, CPMI Bantu Donasi Masker Untuk Korsel

0

Semarang, Mediajateng.net, – Ribuan Calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI) sangat antusias dalam membantu penggalangan dana untuk masyarakat Korea Selatan, sebagai bentuk solidaritas terkait merebaknya virus corona di negara tersebut.

Penggalangan dana diselenggarakan di sela-sela kegiatan Verifikasi Dokumen Pendaftaran, Pelaksanaan Skill dan Competency Test Program G to G Korea yang dimulai sejak tanggal 29 Februari – 08 Maret 2020.

Menurut Wakil Ketua Perkumpulan Lembaga Bahasa Korea Indonesia (PELBAKORI), Azis Yuriyanto, hasil dari penggalangan dana ini diwujudkan dalam bentuk masker anti virus corona yang nantinya akan salurkan ke masyarakat Korea Selatan.

Azis mengatakan, sampai dengan hari ini (Selasa, 3/3) donasi yang terkumpul totalnya Rp36.020.000 . Dengan rincian dari CPMI sebanyak Rp19.520.000 lalu ditambah donasi dari PELBAKORI sejumlah Rp16.500.000.

“Donasi masker akan diberikan kepada HRD Korea. Kami dari PELBAKORI hanya menjembatani saja agar warga Korea Selatan mudah mendapatkan masker anti virus,” ujarnya disela-sela acara.

Azis menambahkan, tercatat ada sekitar 17 ribu orang yang sedang mengukti proses verifikasi data yang diselenggarakan di salah satu ruangan di Fakultas Bahasa dan Seni Unnes. Selain di Kota Semarang, kegiatan serupa juga digelar di Institut Manajemen Koperasi Indonesia (IKOPIN) Bandung yang menerima verifikasi sebanyak 7 ribu calon pekerja.

“Jadi totalnya ada 24 ribu orang yang ingin mendaftar. Tahap seleksi nantinya akan diambil hanya 3300 orang,” pungkasnya.

Lebih lanjut Azis berharap dengan adanya penggalangan dana tersebut masyarakat Korea Selatan lebih simpatik kepada calon pekerja migran Indonesia dan kedepannya bisa diberikan kuota yang lebih bagi warga Indonesia yang akan bekerja di negara tersebut. (ot/mj)