Klaten-mediajateng.net

Guna memberikan kesempatan pendidikan ekstra buat siswa, Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 membuka kelas khusus.

Ismadi Kepala Sekolah SMP N 1 Klaten menjelaskan, Kelas Olimpiade Sains Nasional (OSN) sebagai inovasi dari Paguyuban Orangtua siswa ini merupakan wadah bagi siswa yang memiliki minat khusus, terutama materi-materi Olimpiade.

“Jadi anak dengan minat khusus ini diasah kemampuannya agar bisa bersaing baik di semua tingkat baik kabupaten hingga tingkat nasional dan bisa diikutkan olimpiade internasional,
sekolah melihat program ini bagus untuk meningkatkan prestasi siswa dimana hal ini juga bisa membawa nama baik sekolah maupun kabupaten Klaten atau bahkan bisa saja membawa nama Indonesia di tingkat Dunia” tandasnya kepada mediajateng.net disela acara musyawarah orang tua siswa OSN kelas 7 8, hari Selasa,(11/4)

Selain itu, anak-anak berkemampuan otak yang berbeda dari anak lainnya ini juga diberikan kesempatan turut andil pada kejuaraan sain ditingkat kabupaten atau provinsi. Bahkan, menurut informasi yang disampaikan Ismadi, kelas ISN di SMP N 1 bisa menyabet juara dua ditingkat Kabupaten Klaten.

“Selanjutnya akan maju menjadi perwakilan ditingkat provinsi,” paparnya.

Selain itu, Karmadi ketua paguyuban orang tua siswa OSN kelas 7 juga menjelaskan, program kelas OSN di SMP N 1 ini, pihak sekolah juga tidak membiayai secara khusus kelas OSN ini. Karena seluruh biaya ditanggung oleh orang tua kelas OSN secara Gotong Royong dengan iuran bulanan yang dikelola oleh Paguyuban Orang Tua Siswa OSN sendiri.

Putri bendahara Paguyuban kelas 8 mencontohkan, bea pendidikan kelas khusus ini diberikan oleh orangtua dan akan langsung diberikan ke anak-anaknya melalui program pendidikan atau metode pengajaran khusus.

“Semua sudah menurut kesadaran dan keiklasan orangtua anak. Jadi pihak sekolah tak menarik uang sama sekali,” tandasnya (MJ-100)