SMA N 1 Karantina 132 PC Untuk UNBK April Mendatang

0

PURWODADI- mediajateng.net

Untuk Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) April mendatang, Sekolah Menengah Atas Negeri (SMA N) 1 Purwodadi, melakukan karantina personal computer (PC) milik sekolah tersebut. Pengamanan PC, dilakukan untuk kelancaran pelaksanaan UNBK yang akan dikuti sebanyak 120 siswa kelas XII.

“UNBK, Alhamdulillah besok akan dilaksanakan secara mandiri. Disini sudah ada 120 personal computer (PC) sesuai jumlah siswa kelas XII,” ungkap Amin Hidayat, saat dihubungi melalui phoneselnya, Rabu (15/3).

Sekolah terbaik di Kabupaten Grobogan itu, telah memenuhi persyaratan pelaksanaan UNBK tanpa harus melakukan pungutan kepada siswa untuk pengadaan tambahan unit koputer. Amin menambahkan, pengalihan status pengelolaan di bawah Kabupaten dan Kota ke pemerintah provinsi yang baru dilakukan tahun 2017, tidak berdampak pada pelaksanaan UNBK.

“Ini tahun kedua UNBK di SMA N 1 Purwodadi dilakukan mandiri. Tahun 2016 juga sudah mandiri karena komputer di laboratorium Multimedia sudah ada 130 PC yakni 120 untuk siswa dan 12 atau 10 persen untuk adangan,” tambahnya.

Namun begitu, imbuh Amin, untuk pelaksanaan UNBK, pihaknya terus megambil langkah positif untuk persiapan mental anak.

“Kita hari ini melakukan istigosah untuk menambah kesiapan mental anak. Dengan diajak berdoa bersama diharapkan siswa akan lebih tenang dan lebih kosentrasi dalam persiapan pelaksanaan UNBK yang memang tidak lama lagi,” imbuhnya.

Terkait pelaksanaan UNBK, tambah dia, laboratorium Multimedia, tidak hanya dilakukan siswa SMA N itu sendiri. Sebaliknya, ada sekolah menengah pertama (SMP) n yang memastikan berencana meminjam PC SMA N 1 Purwodadi.

“Sebenarnya ada sekolah SMK lain yang berencana pinjam, namun karena pelaksanaan UNBK terlalu pendek dengan UNBK siswa SMA, maka akhirnya kita mengijinkan SMP karena jeda pelaksanaan UNBK lebih jauh,” ungkapnya.

Tidak saja siswa SMA N 1 Purwodadi, pelaksanaan trayout terus dilakukan dengan memanfaatkan laboratorium Multimedia untuk memperlancar pelaksanaan UNBK.

“Jika siswa disini sudah siap karena memang laboratorium multimedia tidak saja untuk pelaksanaan praktik komputer, amun juga untuk praktik bahasa,”pungkasnya (MJ-505)