SEMARANG, Mediajateng.net, – Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) bagi siswa baru di SMA 3 Negeri Semarang dikemas dengan kegiatan semenarik mungkin.

Salah satunya dengan membuat beberapa kelompok, tiap kelompok beranggotakan 12 siswa baru. Tiap kelompok mendapat tugas menghiasi kuda lumping.

“Ada 408 siswa baru. Kami bagi beberapa kelompok. MPLS kami buat selain untuk masa pengenalan, juga menjadi kegiatan positif yang menarik. Menghiasi kuda lumping salah satunya,” kata Ketua  pelaksana MPLS, Imam Yudha Dewantara, Selasa (16/7).

Yuda mengatakan, kegiatan ini juga dalam rangka agar siswa baru mengenal sejarah dan budaya nusantara.

Seperti diketahui, sekarang ini serbuan budaya barat begitu kencang sehingga budaya nusantara harus dilestarikan melalui kegiatan siswa baru.

“Kami juga sengaja membagi dengan beberapa kelompok siswa. Dengan tujuan agar bisa mempererat dan menguatkan dalam satu angkatan siswa,” jelasnya.

Yuda menambahkan, kegiatan MPLS SMA Negeri 3 Semarang tediri atas kreasi ganesha dan kreasi perisai Ganesha. “Ada juga promosi 49 ekstrakurikuler, kami harap siswa baru ada yang tertarik,” ujarnya.

Salah satu siswa, Muhammad Rizal (15), mengaku senang dengan kegiatan MPLS di SMA Negeri 3 Semarang. Menurutnya, MPLS menjadi ajang mengenal satu sama lain sehingga cepat menyesuaikan di lingkungan sekolah yang baru.

“Beda dengan jaman dulu. MPLS lebih santai dan tidak tegang,” ujarnya. (ot/mj)