Singkirkan Unibraw, Robot UNNES Jawara Kontes Kemenristekdikti

1

SEMARANG, Mediajateng.net – Tim Robotika Universitas Negeri Semarang (UNNES) berhasil menjadi juara 1 kategori Eksibisi Robot Sepak Bola Beroda (ERSB) dalam Kontes Robot Nasional (KRN) 2016 yang diadakan oleh Kementerian Riset, Terknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) yang diadakan di Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS), belum lama ini.
Robot karya empat mahasiswa Unnes, yaitu Kamal Wahyudi, Aries Triwibowo M Ainul Fikri, dan M Ulinnuha ini bernama Sutera Wheels V1. Dalam kontes robot tersebut, mereka berhasil mengalahkan robot Espartan rancangan mahasiswa Universitas Brawijaya, Robot Gerhana Dewaruci dari Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya hingga mengalahkan robot dari Politeknik Negeri Bengkalis. “Sangat terkesan, mulanya kami tidak menargetkan menang. Keunggulan program yang kami buat, ternyata bisa mengimbangi robot karya mahasiswa yang sebelumnya sudah expert dibidang robotic,” kata Kamal Wahyudi.
Dengan menggunakan bahan akrilik, yang dikombinasi dengan printer 3 dimensi di bagian roda, robot karya mahasiswa UNNES ini cenderung ringan dan mudah digerakkan. Sedangkan system dan program yang digunakan untuk menjalankan robot menggunakan handpohne android. “Robot ini dikembangkan dengan aplikasi Gadget Berbasis Android sebagai pengendali robot melalui konektifitas kabel otg, agar lebih lincah dalam bergerak,” ungkapnya,
Dirinya pun mengaku jika robot yang diciptakan selama dua minggu dan menelan biaya sekira Rp5 juta ini, belum sempurna karena masih ada program yang belum pas antara gerakan dan operator yang menggunakan handphpone berbasis android. “Gerakannya masih sulit, karena hardware atau programnya belum begitu sempurna. Nantinya akan disempurnakan lagi dengan microprosesor dan kontroler yang ada sehingga bisa dikembangkan untuk fungsi lainnya, tentunya untuk membantu kerja manusia,” ungkapnya.
Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Dr Bambang BR, mengaku sangat mengapresiasi pencapaian tersebut dan bisa mengharumkan nama alamamter serta kota Semarang dalam dunia robotic. “Tradisi berprestasi semacam ini harus ditularkan kepada adik-adik kelas. Tahun depan kita harus upayakan agar prestasi dalam bidang robotika semakin meningkat,” katanya. (MJ-069)

Comments are closed.