SEMARANG, Mediajateng.net, – PT. Pegadaian (Persero) menjalin kerjasama dengan 41 mitra kerja yang tersebar di Wilayah Jawa Tengah dan Jogjakarta. Kegiatan ini dikemas dalam sebuah acara yang bertajuk “Sinergi Dalam Harmoni” di Hotel Pesonna Semarang, Rabu (14/11) malam.

Mitra kerja yang digandeng dalam kerjasama kali ini  terdiri dari 28 perusahaan dan 13 instansi pendidikan. Sebelumnya, PT Pegadaian (Persero) juga menggelar acara serupa dengan melakukan penandatanganan perjanjian kerjasama dengan kepada 144 perusahaan yang terdiri dari 60 BUMN, 4 BUMD, 56 swasta, 9 asosiasi dan 15 instansi.

Dirut PT. Pegadaian Kuswiyoto mengatakan, kerjasama ini merupakan langkah awal dalam meningkatkan system perjanjian dan pemasaran dengan kompetisi, fasilitas serta pemberian jasa dengan prinsip saling menguntungkan.

“Intinya kami memberikan peluang dan kesempatan kepada mitra kerja dalam kerjasama ini bersinergi memanfaat produk dan layanan Perseroan. Kami yakin dengan bersinergi akan melahirkan hasil yang lebih baik, bukan sebagai pesaing tapi saling menguntungkan,” ujarnya usai acara.

Kuswiyoto menjelaskan, dalam kerjasama ini produk syariah yang ditawarkan adalah Arrum, Amanah, Rahn dan Mulia. Tercatat hingga Juli 2019 Arrum terealisasi Rp1,4 Milyar dari target Rp.1,067 Milyar, Amanah terealisasi Rp2,2 Milyar dari target Rp. 1,9 Milyar, Mulia realisasi Rp347 Milyar dari target Rp509 Milyar dan Rahn realisasi Rp4,5 Milyar dari target Rp4,5 Milyar.

Kuswiyanto menambahkan, dalam kerjasama ini pula pihaknya memberikan kesempatan kepada mita kerja untuk memanfaatkan SDM, produk, layanan dan pengembangan jaringan untuk jasa serta produk unggulan. Sehingga sumber daya yang dimiliki Pegadaian dapat dioptimalkan oleh semua pihak.

“Sinergi ini juga bertujuan untuk memanfaatkan kemampuan masing-masing pihak dalam mengembangkan dan meningkatkan bisnis usaha sesuai bidang masing-masing BUMN tersebut,” katanya.

Para mitra kerja yang hadir dalam acara tersebut beberapa diantaranya yakni Bank Jateng, PTPN IX (Persero), Perum Bulog, PT. KAI, PT. Telkom, PT Telkom, Undip, UGM, Unnes, UPGRIS, OJK, BPN, Bank BTN, RSWN Semarang, PT. RedDoorz Indonesia dan lain sebagainya.

Berdasarkan data, hingga kini jumlah karyawan yang dimiliki PT. Pegadaian totalnya 27 ribu lebih karyawan tetap dan outsourching. Nasabah juga terhitung dari 12,6 juta jiawa. Sedangkan Outstanding Loan tercatat menunjukkan peningkatan sebesar 17%, total aset sebesar 14% dan laba bersih sebesar 19%.

Hingga kini asset yang dimiliki PT. Pegadaian mencapai Rp59 Trilyun, pendapatan usaha mencapai Rp9,8 Trilyun dan laba bersih Rp2,3 Trilyun. Sedangkan bisnis Pegadaian yang tumbuh dan berkembang dari penyaluran uang pinjaman sebesar 17% lebih tinggi dibandingkan periode sebelumnya yakni 3,53% dari Rp435,7 Trilyun menjadi Rp451 Trilyun. (ot/mj)