GROBOGAN, Mediajateng.net- Sepekan lalu, sejumlah anggota polisi mengadakan kegiatan bersih-bersih tempat ibadah umat Hindu. Tepatnya di Pura Agung Sasana Weda. Kegiatan tersebut terus dioptimalkan Sat Sabhara Polres Grobogan sebagai aksi bakti sosial, seperti yang dilakukan 30 personil Sat Sabhara pada Selasa (15/1/2019). Sejak pagi, mereka sudah berada di Klenteng Hok An Bio, Jalan Suhada Purwodadi, untuk melakukan kegiatan serupa.

“Pagi ini kita melaksanakan kegiatan bersih-bersih klenteng. Kegiatan ini kita lakukan dalam rangka Polisi Peduli Tempat-Tempat Ibadah. Dalam kegiatan ini ada 30 personil dari Polres Grobogan, 10 personil dari Polsek Kota, dan 7 personil dari Kodim 0717/Purwodadi,” jelas AKP Djamrozie, Kasat Sabhara Polres Grobogan kepada mediajateng.net.

Djamrozie, panggilan akrabnya mengatakan, kegiatan bersih-bersih tempat ibadah yang dilakukannya tersebut merupakan cerminan umat beragama untuk mempelopori kerukunan beragama. Khususnya di Kabupaten Grobogan.

Beberapa umat Tri Dharma Klenteng Hok An Bio terlihat senang dengan kehadiran aparat yang membersihkan tempat ibadah mereka.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada semua petugas dari kepolisian dan tentara yang datang ke sini untuk membersihkan tempat ibadah kami,” kata seorang umat yang enggan disebutkan namanya itu.

Dalam kegiatan tersebut, sebagian personil menyapu halaman dengan sapu lidi. Sebagian lagi membersihkan meja tempat para umat bersembahyang. Selain itu, ada juga yang memotong rumput liar yang tumbuh di sudut halaman klenteng.

Djamrozie mengatakan, kegiatan ini termasuk dalam Kegiatan Kepolisian Yang Ditingkatkan (KKYD). Karena itu, ke depannya, kegiatan ini akan terus dilaksanakan, seperti kegiatan Safari Jumatan di masjid-masjid dan kegiatan bakti sosial lainnya di tempat-tempat ibadah yang ada di Kabupaten Grobogan.

Selain mengadakan bakti sosial berupa bersih-bersih tempat ibadah ini, Sat Sabhara juga melaksanakan operasi KKYD yang lain, termasuk operasi penyakit masyarakat dan kenakalan remaja. Menurut dia, kegiatan ini akan dilaksanakan rutin seminggu dua kali. (Ag-Mj)