Seratus Siaga Gunungpati Pesta di Alam, Menanam dan Melepas Satwa

0

SEMARANG – Sekitar 100 Pramuka Siaga dari Kwaran Gunungpati Semarang mengadakan pesta ei Lapangan Buper Hardawalika Jatirejo, Gunungpati, Sabtu (29/2). Bukan makan maupun berjubel dengan mainan, mereka berpesta menanam pohon dan melepas satwa ke alam terbuka.

Para siaga yang rata-rata berusia 7 sampai 10 tahun itu berasal dari sekolah dasar sederajat se-kecamatan Gunungpati, di antaranya SDN Kandri 01, SDN Pakintelan 01, MI Roudothul Huda, MIN Kota Semarang, SDN Nongkosawit 02 dan SDN Pakintelan 01.

“Pesta siaga Kwartir Ranting Gunungpati ini harapannya jadi ruang mengasah kepekaan adik-adik agar lebih peduli terhadap alam. Kita siapkan sedini mungkin,” demikian dijelaskan Agus Suyono Ketua Kwaran Gunungpati.

Para siaga tersebut nampak antusias dan semangat mengikuti kegiatan tersebut, dari melepas satwa burung dan menanam pohon. Agus pulalah yang mengawali pelepasan satwa ke alam liar. Upaya itu diharapkan menjadi salah satu tiang penyangga keseimbangan alam.

“Cara ini kita lakukan karena kami yakin akan membekas di benak adik-adik dan harapannya akan bertahan sampai tua kelak. Dengan seperti ini kegiatan Pramuka benar-benar memebri efek positif bukan hanya bagi individu, tapi juga alam,” katanya.

Dalam pesta siapa tersebut hadir pula utusan Kwarcab Kota Semarang, Muspika, Pengawas SD Satuan pendidikan kecamatan Gunungpati dan Ketua Mabigus di lingkungan Satpend Gunungpati. Kegiatan tersebut bakal berlangsung satu hari dan berisi beragam agenda. Selain agenda kepramukaan, juga ada perlombaan dari ajang kekompakan hingga kemampuan kepenguasaan materi.

“Selain praktek kita juga memberikan wawasan teori agar ada keseimbangan. Karena inti dari dasa darma dan trisatya kan itu. Semoga gerakan Pramuka ini memberi dampak positif,” katanya.

Untuk perlombaan, terbagi dalam dua kategori yakni putra dan putri. Untuk siaga tergiat putri, diraih oleh SDN Kandri 01, tergiat 2. SDN Pakintelan 01 dan tergiat 3. MI Roudothul Huda. Sementara untuk siaga putra tergiat diraih MIN Kota Semarang, tergiat 2. SDN Nongkosawit 02 dan tergiat 3. SDN Pakintelan 01.

“Setelah kegiatan ini kami yakin adik-adik siaga di Kwarran Gunungpati ini akan lebih giat dan semangat dalam belajar dan mengamalkan ilmu Pramuka. Ini adalah salah satu stimulan,” kata Agus.