Sukoharjo – mediajateng.net

Petugas Unit Reskrim Kepolisian Sektor Kartasura Polres Sukoharjo berhasil mengungkap kasus Curat (Pencurian dengan pemberatan) di warung makan depan Kampus IAIN Surakarta yang terjadi pada Selasa, (02/05/2017). Sepasang Kekasih ini sebelumnya mencuri Grobak makanan milik Lili Junita (32) warga Desa karangasem, Kelurahan Kleco, Kecamatan Laweyan, Surakarta.

Menurut keterangan Lilin Junita, dia mengetahui bahwa Grobak makanya telah hilang ketika dia akan membuka warung miliknya yang berada tepat di depan Kampus IAIN. Menyadari bahwa Grobak makananya hilang Lilin bergegas untuk melaporkan kejadian yang menimpanya ke Mapolsek Kartasura.

Kapolres Sukoharjo AKBP Ruminio Ardano yang diwakili Kapolsek Kartasura AKP Demianus Palulungan mengatakan, setelah mendapatkan laporan dari korban pihaknys langsung meberjunkan Tim Opsnal yang dipimpin oleh Kanit Reskrim untuk melakukan pelacakan dengan mendatangi tempat jual beli barang barang bekas di wilayah Solo Raya.

“Disalah satu tempat jual beli barang bekas di wilayah Solo Tim Opsnal menemukan Grobak makanan yang ciri cirinya mirip dengan keterangan yang diberikan oleh korban, lalu kita ajak kroban untuk melihat Grobak itu dan ternyata benar bahwa itu adalah Grobaknya,” kata AKP Demianus Palulungan melalui rilisnya yang dikirim ke mediajateng.net Sabtu (6/5)

Lanjut Deamianus, setelah dilakukan pemeriksaan akhirnya penjual tersbeut mengaku mendapatkan Grobak makanan itu dari DW (23) warga Desa Krambilan, Desa Grobokan, Kecamatan Colomadu, Kabupaten Karanganyar dan seorang permpuan bernama WS (29) warga Desa Belang, Kecamatan Klaten, Kabupaten Klaten.

“Dari hasil pengembangan yang dilkaukan oleh Tim Opsnal pelaku mengaku sudah melakukan 12 pencurian di berbagai kota seperti Yogyakarta, Klaten, Solo dan Karanganyar,” papar Demianus.

Modus yang digunakan oleh kedua tersangka dengan menjebol gembok yang mengikat Grobak lalu membawa nya dengan dimasukan kedalam mobil minibus. Dari tangan pelaku berhasil diamankan barang bukti berupa 1 Grobak makanan yang bertuliskan “SEBLAK MOMMY”, 1 unit Mobil Daihatsu Luxio kendaraan yang mereka sewa.

Saat ini kedua pelaku masih berada di Mapolsek Kartasura, dan pelaku akan dikenai pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan dengan ancaman hukuman setidaknya 7 tahun penjara (MJ-303)