DEMAK, Mediajateng.net – Pemerintah Kabupaten Demak menggelar acara berskala nasional yakni yakni Gebyar Budaya Kerja dan Pesona Wisata Demak 2018. Event nasional yan baru pertama digelar itu, dalam rangka meningkatkan kualitas budaya kerja perangkat daerah dalam memberikan pelayanan publik, ajang kompetisi dan kreativitas budaya kerja seluruh perangkat daerah Kabupaten Demak.

Kegiatan yang dipadukan dengan promosi wisata ini , sekaligus menjadi ajang memamerkan beragam pesona Demak, baik wisata religi dan bahari , inovasi ungggulan Demak dan kuliner itu, dihadiri oleh 42 kabupaten/kota dan provinsi di Indonesia.

Acara ini dimulai pada Rabu (24/10/2018), dimeriahkan dengan kesenian Barongan Pademangan dari Kecamatan Bonang, yang mengiringi rombongan Bupati Demak M.Natsir, Wakil Bupati, Joko Sutanto, Staf Ahli Bupati, Sekda Demak, Singgih Setyono, Asisiten Sekda dan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) se-Kabupaten Demak dari Simpang Enam Demak menuju Pendopo Demak.

Sesampainya di Pendopo Demak, Bupati Natsir beserta rombongan kemudian meninjau stand pameran di halaman Setda Demak, yang berisi beragam produk unggulan hasil UMKM Kabupaten Demak dan inovasi berbagai layanan berupa barang atau jasa dari OPD. Pameran tersebut diikuti oleh 53 peserta yang terdiri dari OPD dan berbagai pengusaha serta 30 pelaku kuliner.

Bupati Demak Natsir mengatakan , kegiatan gelar budaya kerja ini, dimaksudkan sebagai sarana mendekatkan perangkat daerah dengan masyarakat.

“ASN di Kabupaten Demak sudah sepatutnya mempunyai niat untuk menjadi pelayan yang baik. Pekerjaan bisa cepet selesai manakala kita melayani dengan baik, pola-pola lama akan kita ubah sesuai perkembangan zaman, agar kita tidak tertinggal. Kita juga ingin seperti daerah-daerah lain. Seluruh OPD harus terbuka dalam melayani masyarakat,” ujar Bupati Natsir.

Gebyar Gelar Budaya Kerja 2018 yang diselenggarakan pada 24 – 26 Oktober 2018 di Pendopo Kabupaten Demak ini merupakan kegiatan tahunan yang menjadi puncak acara dalam kegiatan penilaian, monitoring, dan evaluasi pelaksanaan budaya kerja seluruh OPD di Kota Wali.

Selain bisa menyaksikan aksi teatrikal berupa gelar budaya kerja, para tamu undangan yang datang juga dapat mengikuti seminar nasional bertema budaya kerja, menyaksikan pameran inovasi pelayanan publik, pertunjukan seni budaya, serta promosi potensi wisata dari 10 daerah yang meliputi Semarang, Jepara, Pati, Kudus, Rembang, Blora, Demak, dan Grobogan.

Kabupaten dan kota dari berbagai daerah yang hadir akan menjadi peninjau Gelar Budaya Kerja. Dari seluruh OPD akan diambil sebayak 10 OPD dengan budaya kerja terbaik. Semenatara tiga juara Gelar Budaya Kerja akan mendapatkan penghargaan dari Bupati Demak.