SEMARANG,Mediajateng.net-Dalam rangka menyemarakkan Dies Natalis Unnes ke-51 pada tahun 2016 ini, Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Profesi (LP3) Universitas Negeri Semarang kembali menyelenggarakan Lomba Guru Unggul Inovatif. Kegiatan Lomba Guru Unggul Inovatif bertujuan untuk menumbuhkembangkan budaya kompetitif yang sehat di kalangan guru, mendapatkan sosok guru unggul dan inovatif tingkat SMA/MA, serta meningkatkan wawasan, pengetahuan, dan kompetensi guru SMA/MA.

Kualifikasi akademik yang dibutuhkan untuk mengikuti lomba guru ini adalah Sarjana (S-1) atau Diploma Empat (D-IV).Perlombaan tersebut terdiri dari tiga tahap yaitu seleksi tahap pertama pada tanggal 14-16 Maret 2016. Kemudian tahap kedua penjaringan hasil seleksi pada tanggal 25-26 Maret 2016, dan tahap ketiga penentuan peserta masuk final pada tanggal 4 April 2016.

Dalam seleksi Tahap 1, peserta lomba cukup mengirimkan RPP, Bahan Ajar, Media Pembelajaran dan Alat Evaluasi melalui email lp3@mail.unnes.ac.id paling lambat tanggal 11 maret 2016. Berdasarkan perangkat pembelajaran yang dikirim tersebut, Dewan Juri akan memilih 40 karya terbaik untuk mengikuti seleksi Tahap 2. Seleksi Tahap 2 dilaksanakan melalui peer teaching. Lima peserta terbaik akan dipilih pada Tahap 2 ini. Kelima peserta terpilih inilah yang berhak tampil dalam Babak Final melalui kegiatan real teaching melibatkan 20 siswa SMA.

Lomba Guru Inovatif tahun lalu dimenangkan oleh Yunina Resmi Prananta, S.Pd, seorang guru SDN 1 Wonosobo yang menampilkan real teaching dengan Model Pembelajaran Gepokan Berbantukan Game Random. Tahun ini, lomba dibuka untuk guru SMA/MA se-Jawa Tengah dan Panitia menyediakan hadiah total senilai Rp 21.000.000,00.(MJ.71)

1 KOMENTAR

Comments are closed.