SEMARANG, Mediajateng.net, – Dalam rangka menjajaki kerjasama dalam bidang akademik dan riset, Sekolah Vokasi Undip melakukan Benchmarking ke National Yunlin University of Science and Technology, Taiwan baru-baru ini.

Wakil Dekan I Sekolah Vokasi Undip Dr. Ida Hayu Dwimawanti mengatakan, kunjungannya bersama Dosen Teknik Mesin Sri Utami Handayani ke National Yunlin University of Science and Technology, Taiwan adalah untuk meningkatkan kerjasama bidang akademik sekaligus menghadiri  undangan acara International Workshop on Double Degree Curriculum.

Dalam kunjungan tersebut sejumlah kegiatan dilakukan diantaranya presentasi tentang study in Yuntech , diskusi kurikulum, campus tour, kunjungan ke pusat pelatihan tenaga kerja (Workforce Development Agency, Ministry of Labor) dan  industri partner seperti Marwi dan SRAM.

“Kita bahas peluang kerjasama terkait peluang lulusan D3 Teknik Mesin Sekolah Vokasi Undip agar bisa melanjutkan S1, S2 dan S3, matching kurikulum program Double Degree dengan Prodi D IV Rekayasa Perancangan Mekanik serta kesempatan studi lanjut ke S2,” ujarnya.

Sementara itu Presiden National Yunlin University of Science and Technology Prof. YANG Neng-Shu  pada saat menerima delegasi dari Sekolah Vokasi Undip menyampaikan, pihaknya siap  memberikan kesempatan beasiswa studi lanjut S3 dan postdoc bagi dosen di Universitas Diponegoro. Beasiswa meliputi biaya hidup dan biaya pendidikan.

“Beberapa prodi ditempat kita bahkan tidak mensyaratkan proposal riset karena sudah tersedia topik riset yang berbasis proyek kerjasama dengan industri di Taiwan. Fakultas yang kami miliki sangat beragam, antara lain College of Engineering, College of Management, College of Design, dan College of Humanity of Applied Science,” ungkapnya. (ot/mj)