PURBALINGGA, Mediajateng.net –

Persiapan pengamanan Pemilihan Gubenur (Pilgub) Jawa Tengah makin dekat, jajaran Kepolisian khususnya Satuan Sabhara Kepolisian Resor Purbalingga, terus meggelar latihan pengendali kerusuhan. Memanfaatkan halaman Mapolres, personel kepolisian dilatih untuk lebih mahir dalam mengunakan tameng dalam menghadapi kerusuhan pelaksanaan Pilgub.

Kasat Sabhara Polres Purbalingga AKP Suswanto, S H mengatakan, latihan yang akan berakhir Selasa (24/10) diantaranya melibatkan tiga instruktur yaitu Aiptu Riswanto, Aiptu Agus dan Bripka Widiyanto. Sejak Senin, 38 anggota Unit Dalmas Satsabhara Polres Pubalingga terus digembleng bagaimana menghadapi potensi konflik pelaksanaan Pilgub.

Dalam rilisnya, Humas Polres Purbalingga menjelaskan, latihan pengendalian massa, dilakukan untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan personel khususnya Satsabhara. Dimana mereka harus siap apabila sewaktu-waktu dibutuhkan untuk mengendalikan massa saat ada unjuk rasa.

Beberapa materi yang diberikan antara lain penggunaan tameng, tongkat dan perlengkapan pengendali massa lainnya. Selain itu dilatihkan keserasian baris berbaris dan sejumlah gerakan pengendali massa hingga beberapa formasi.

“Pelatihan juga diselenggarakan rutin dengan skala yang lebih guna kesiapan menghadapi pemilihan gubernur dan wakil gubernur tahun 2018 mendatang,” jelasnya.

Kasat Sabhara menambahkan dengan dilatihkan kembali gerakan pengendali massa diharapkan mampu menambah kemampuan personel. Sehingga saat dibutuhkan dan menghadapi aksi massa sudah siap serta mampu melaksanakannya dengan baik.mj-505