Satlantas Polres Demak Berjibaku Lawan Rob Atasi Macet Jalur Pantura Demak

0

DEMAK, mediajateng.net – Sejak sepekan terakhir, air laut pasang (rob) menggenangi sebagian besar wilayah Kecamatan Sayung, Demak. Selain pemukiman, area pertanian dan tambak, rob juga melanda jalan pantura Semarang – Demak KM 8.

Akibatnya beberapa hari terakhir pengguna jalan terhambat macet saat melintasinya. Genangan air di jalanan yang mencapai 20 – 25 cm membuat arus lalu lintas terganggu.

Air rob yang naik diperparah dengan luapan sungai di sisi utara jalan karena sedimentasi. Selain itu, arus lalu lintas kembali terhambat akibat padatnya kendaraan saat jam pulang kerja.

Untuk itu, Satlantas Polres Demak yang kini terus aktif berjaga siang dan malam untuk mengatur lalu lintas dan mengarahkan pengendara agar berhati hati saat melintas.

Petugas terus berjibaku melawan panas dan genangan air demi melayani dan membantu pengguna jalan. Bahkan mereka juga ikut membantu pengguna jalan yang terperosok ke dalam parit.

Kasat Lantas Polres Demak, AKP Nyi Ayu Fitria Facha mengatakan, air yang menggenangi jalan mengakibatkan kemacetan. Pihaknya pun turun langsung ke lokasi dan menempatkan anggotanya di lapangan untuk mengatur lalu lintas.

Pengguna jalan diminta untuk dapat memilih jalur alternatif. Yakni Sayung-Mranggen atau Karangtengah-Guntur-Karangawen atau Mranggen.

“Kami mengimbau supaya dapat melewati jalur alternatif,” kata Nyi Ayu.

Nyi Ayu menambahkan, pihaknya juga membentuk tim urai kemacetan, dengan dipimpin perwira pada pukul 13.00 WIB sd 16.00 WIB dan pukul 16.00 WIB sampai selesai.

“Kita juga melakukan rekayasa contra flow , arah Demak menuju Semarang apabila arus dari arah Semarang memungkinkan. Dan tidak ada kendala di jalur sebaliknya, imbas dari rob,” jelasnya.

“Kami juga menempatkan pos pam pantau mudik di titik Onggorawe Sayung sebagai monitoring situasi arus lalu lintas di jalur rob . Melakukan patroli pada jam rawan macet dan melakukan pengaturan lalu lintas,” pungkasnya. (Ari-MJ)