Grobogan,Mediajateng.net-Armada bus PO Rela menjadi perhatian tim gabungan Satlantas Polres Grobogan dan Dishubkominfo. Perhatian terjadi lantaran saat dilakukan pengecekan bus tidak memenuhi standart lain jalan.

Kasatlantas Polres Grobogan AKP Panji Gedhe Prabawa SIK SH, Kamis (29/12) menjelaskan, berdasar alat brake tester 1 bus PO RELA didapati lima mur tidak ada bautnya di ban belakang kanan kiri.

“Dari kegiatan ini juga ditemukan lima kendaraan bus yakni AKAP dan AKDP yang tidak memenuhi standart laik jalan,” ungkap Kasatlantas.
Atas temuan itu, imbuh dia, tim melakukan tindakan yakni Dishub melakukan penindakan terhadap kendaaan yang tidak lain jalan.

“Satlantas Polres Grobogan melakukan himbauan kepada para sopir agar selalu mengecek kelaikan jalan masing-masing kendaraan sebelum bekerja,” ungkapnya.

Kasatlantas menambahkan, pengecekan di terminal merupakan dalam rangka menjamin keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalulintas jelang akhir liburan panjang dan tahun baru.

“Pengecekan kendaraan truk barang dan bus malam dan pariwisata yang melintas di wilayah Kabupaten Grobogan. Pengecekan meliputi fungsi rem menggunakan alat brake tester, fungsi lampu, kondisi ban hingga perlengkapan Bus yang meliputi sabuk pengaman, kotak P3K, Segitiga pengaman dan dongkrak,” tambahnya.

Selain itu, untuk meminimalisasi gangguan perjalanan, kondisi wiper bus juga dicek. “Dishub juga meminta kelengkapan administrasi bus sebagai angkutan umum yakni berupa KIR,” imbuhnya.

2069 KOMENTAR

Comments are closed.