Grobogan, Mediajateng.net – Suasana berbeda terlihat di sepanjang jalur protokol Kota Purwodadi, tepatnya di depan GOR Krida Bakti hingga menuju ke Pendopo Kabupaten Grobogan, Selasa (4/9/2018) sore.

Ratusan siswa tingkat SD hingga SMA terlihat sudah siap di pinggir jalan-jalan tersebut. Sambil membawa bendera kecil, mereka siap menyambut Sang Spider Woman asal Desa Taruman, Kecamatan Klambu, Kabupaten Grobogan. Spider Woman yang dimaksud yakni Aries Susanti Rahayu atau yang akrab disapa Aries itu.

Aries kembali ke daerah asalnya setelah berhasil meraih medali emas di ajang Pesta Olahraga Se Asia (Asian Games) 2018. Dua medali emas diraih putri ketiga pasangan S. Sanjaya dan Maryati ini.

Sebelum berangkat ke Purwodadi, Aries diarak dengan jeep terbuka bersama 59 atlet lainnya bersama Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Setelah itu, dara kelahiran 21 Maret 1995 itu berangkat ke Grobogan bersama Bupati Grobogan, Hj Sri Sumarni.

Sekitar pukul 15.00, Aries Susanti diarak dari GOR Krida Bakti menuju ke Pendopo Kompleks Kabupaten Grobogan. Berada di atas jeep terbuka, Aries Susanti memberikan senyuman serta melambaikan kedua tangannya kepada masyarakat yang sudah lama menantinya.

Perarakan tersebut dilakukan dengan mengitari jalan protokol R. Soeprapto Purwodadi-S. Parman-Alun-alun-Pendopo Kabupaten Grobogan. Berada di barisan depan, grup marching band SMPN 3 Purwodadi. Di belakang, tiga mobil jeep mengikuti. Jeep pertama ditumpangi oleh MC ternama Bagas Marhaendra sebagai pemandu perjalanan perarakan ini.

“Perkenalkan ini, Aries Susanti. Atlet panjat tebing yang kemarin mendapat medali emas di ajang Asian Games 2018. Aries Susanti, putera daerah Kabupaten Grobogan telah membawa nama harum Kabupaten Grobogan juga Indonesia,” kata Bagas yang kemudian diikuti sorak-sorai para penonton yang mayoritas merupakan pelajar.

Dalam arak-arakan ini, Bupati Grobogan, Hj Sri Sumarni juga berada berdampingan dengan alumnus SMPN 1 Grobogan tersebut. Perempuan yang berhak mendapatkan bonus senilai Rp 2,25 Milyar ini menangkupkan kedua tangannya sebagai ungkapan kepada masyarakat Kabupaten Grobogan yang telah mendukungnya.

Tidak hanya itu saja, Aries juga memamerkan satu medali emas yang ia raih saat memenangkan pertandingan Panjat Tebing di ajang Pesta Olahraga Se Asia ini. Sementara medali lainnya dikalungkan Sri Sumarni untuk dipamerkan kepada masyarakat.

Meski telah menang, masyarakat yang melihat langsung menilai Aries adalah pribadi yang lembut. Hal itu dipaparkan beberapa penonton. “Ternyata pas tak lihat langsung, Mbak Aries ini kelihatan kalem,” komentar Rista, salah seorang penonton.

Dalam rangkaian arak-arakan ini, juga terlihat jajaran FKPD dan OPD Kabupaten Grobogan. Diantaranya, Ketua DPRD Kabupaten Grobogan Agus Siswanto, perwakilan Polres Grobogan, Dandim 0717/Purwodadi, Letkol Arm Teguh Cahyadi serta Ka Dinas Peternakan, drh Riyanto.

Aries Susanti dikenal sebagai atlet Panjat Tebing. Berbagai kejuaraan telah ia torehkan baik di skala Nasional maupun Internasional. Terakhir, Aries berhak mendapatkan dua medali emas di nomor speed woman dan estafet putri di ajang Asian Games 2018. (Ag-Mj)