Sambut Tahun Baru, PKBM Mukti Utama Gelar Peningkatan Kapasitas Guru

0
74

DEMAK, Mediajateng.net – Jika biasanya tahun baru dirayakan dengan meniup terompet atau membakar petasan. Tidak demikian halnya dengan perayaan pergantian tahun ala Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Mukti Utama Kecamatan Karangtengah, Kabupaten Demak.

Tepat di tanggal terakhir Bulan Desember 2019, lembaga yang bergerak di bidang pendidikan non formal ini membakar semangat para pendidik dengan peningkatan kapasitas di bidang pembelajaran.

Diikuti puluhan tutor dan pengelola PKBM, acara yang bertajuk ‘Implementasi Kurikulum K13 dan Pembelajaran Daring Pendidikan Kesetaraan’ dibuka oleh Kepala Bidang Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Non Formal (Kabid PAUD dan PNF) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Demak, Dra.Afida Aspar,M.M.

Kabid PAUD dan PNF Dindikbud Kabupaten Demak itu menyampaikan apresiasi terhadap kegiatan tersebut.
Menurutnya pelatihan semacam ini memang sudah semestinya dilakukan sebab dewasa ini guru bukan lagi menjadi satu satunya sumber belajar.

“Menyongsong era 4.0 sumber belajar diperkaya lagi dengan fasilitas internet. Tidak hanya pembelajaran manual,” ujarnya.

Sementara itu, Ari Widodo, Ketua PKBM Mukti Utama menjelaskan kepada Mediajateng.net, sudah saatnya masyarakat mendapatkan kesempatan belajar dengan berbagai metode sebagai solusi atas berbagai kesulitan mengenyam pendidikan secara formal.

“Pembelajaran daring menjadi salah satu alternatif bagi masyarakat pekerja yang kesulitan mendapat layanan pendidikan secara tatap muka,” ungkapnya.

Implementasi Pembelajaran Daring untuk Pendidikan Kesetaraan PKBM dipandu oleh Rain Adistya, Pamong Belajar SKB Jepara. Berdasarkan keterangannya, pembelajaran daring tetap menggunakan modul sebagai dasar pengelolaannya.

“Biasanya peserta didik yang sudah mempraktekkan pembelajaran daring lebih antusias dan efektif bagi perkembangan belajar,” terangnya, kepada Mediajateng.net, Sabtu (4/1/2020).

Dalam aplikasi pembelajaran daring, akun dikelola oleh admin dan pendidik atau tutor pengampu mata pelajaran. Kontennya berupa materi dalam bentuk teks, foto, video , animasi dan lainnya.

“Konten yang variatif tersebut membuat peserta makin betah belajar. Pembelajaran daring meminimalisir kebosanan peserta,” tutupnya.mj/60