DEMAK, Mediajateng.net – Bulan Ramadhan 1440 Hijriyah sudah di ambang pintu. Berbagai cara dilakukan untuk menyambut bulan suci bagi umat Islam. Tak terkecuali anak anak di Kabupaten Demak yang terkenal religius.

Di Kecamatan Dempet Demak, anak berusia 6- 7 tahun terlihat antusias dan ceria menenteng bingkisan untuk dibagikan kepada para tukang becak, pedagang kecil yang lesehan di pinggir jalan serta kaum duafa lain.

Rupanya, para siswa kelas 1 SDN Merak 2 didampingi oleh Kepala Sekolah, Supartini, S.Pd., M.H. sedang mengikuti pembelajaran karakter, yakni jiwa tolong menolong. Kegiatan ini mendapat sambutan positif dari masyarakat baik yang menerima bingkisan maupun yang menyaksikan berlangsungnya proses pembagian sembago bagi kaum dhuafa ini.
Bahkan Kapolsek Dempet turut serta memberikan apresiasinya serta turut mengamankan kegiatan yang berada di fasilitas publik ini.

Sementara itu, N Wardhaningsih, guru kelas 1 yang memprakarsai kegiatan amal sejak usia dini ini menyatakan, pendidikan karakter memang harus ditanamkan sejak kanak kanak.

“Bingkisan yang dibagikan sebanyak 42, berisi paket sembako yang dibeli dari tabungan anak anak sendiri. Di bulan yang penuh berkah ini kami memang mengajarkan banyak amalan amalan supaya anak anak makin sholeh sholehah.” Ungkap mantan Kepala SD ini saat diwawancara (5/5/2019).

Kegiatan outing class ini menjadi salah satu bentuk pembelajaran kurikulum dua ribu tiga belas (kurtilas) yang memang mengharuskan siswa lebih banyak belajar secara konkrit dan langsung ‘bersentuhan ‘ dengan objek.

“Selanjutnya dalam momentum Ramadhan, selain memperbanyak beramal, anak anak juga akan diberi pesantren kilat untuk mempertebal pengetahuan agama mereka. Ungkap Wardhaningsih.