Semarang – mediajateng.net

Sebanyak 140 personil dari satuan fungsi dan polsek jajaran Polrestabes Semarang akan menggelar tarian kolosal Bambangan Cakil dalam rangka peringatan hari Bhayangkara ke 71 Polda Jateng bertempat di lapangan Bhayangkara komplek Akademi Kepolisian Semarang Senin (10/7)

Menurut Kapolrestabes Semarang Kombes Abioso Seno Aji mengatakan pemilihan tokoh bambangan cakil ini sengaja dipilih lantaran prajurit buto ini mempunyai loyalitas yang tinggi pada junjunganya yaitu Cakil

” para buto geni ini dikenal sebagai prajurit yang setia pada pimpinanya, mungkin ini filosofis dari tarian bambangan cakil. Untuk itu Prajurit Polri harus tetap loyal pada pimpinan atau atasanya, apapun yang terjadi sampai tutik darah penghabisan ,” ungkap Abi yang dihubungi melalui ponselnya Jum’at (7/7) sore.

Terpisah Kepala Bagian Sumber Daya (Kabag Sumda) Polrestabes Semarang AKBP Siti Rondhijah mengatakan bahwa tarian kolosal ini pihaknya memilih sanggar Greget Semarang pimpinan Yoyok Priambodo untuk membuat koreografi beserta gending pengiringnya.

” latihan keseluruhan hingga pentas dilakukan sebanyak 8 kali , untuk gending kita sengaja meng-arrasemen sendiri khusus untuk pagelaran kolosal ini,” ungkap Rondhijah saat mengecek latihan di halaman Mapolrestabes Semarang.

Rondhijah mengharapkan dalam sisa latihan berikutnya sebelum pementasan para anggotanya untuk lebih semangat dan menghayati gerakan yang tekah diajarkan. (MJ-303)