GROBOGAN, Mediajateng.net – Kapolres Grobogan AKBP Choiron El Atiq memimpin jajarannya untuk membersihkan makam Pangeran Adipati Puger. Di mana, Pangeran Puger merupakan bupati Grobogan pertama. Kegiatan ini dilaksanakan pada Selasa (26/2/2019).

Menurut Kapolres, pembersihan makam tersebut dikarenakan merupakan tempat yang akan dikunjungi kali pertama dalam tradisi Boyong Grobog yang akan diselenggarakan pada awal Maret 2019 nanti.

“Hari ini kita adakan kegiatan bersih makam jelang Boyong Grobog ini. Kegiatan ini sebagai wujud kepedulian terhadap cagar budaya yang ada di Kabupaten Grobogan. Di samping itu, kegiatan yang kita laksanakan ini juga sekaligus mendekatkan diri dengan masyarakat,” ungkap Kapolres.

Ditegaskan juga, makam Pangeran Adipati Puger sebagai salah satu situs bersejarah, sehingga tidak berlebihan jika keberadaan makam ini mendapatkan perhatian sebab merupakan aset budaya Kabupaten Grobogan.

“Marilah kita bersama selalu menjaga dan melestarikan cagar budaya dan situs sejarah ini,” ajak Kapolres AKBP Choiron.

Selain bersih-bersih makam, Kapolres bersama jajarannya juga melakukan kerja bakti memperbaiki pos kamling di area sekitar makam. Kegiatan ini ditujukan sebagai apresiasi terhadap masyarakat yang mempunyai kesadaran pentingnya keamaanan secara swadaya.

“Kita harus menghargainya sebab ini sangat membantu tugas utama polisi dalam menjaga Kamtibmas. Kalau ada warga yang punya kesadaran untuk menjaga keamanan dan secara mandiri, itu sangat bagus dan kita bisa bersinergi bersama mereka,” jelas dia.

Dalam kesempatan itu, Kapolres berpesan agar masyarakat setempat menjadikan keamanan sebagai kebutuhan sehingga pelaksanaan pos kamling ini dapat berlangsung tanpa adanya paksaan dan menjadikan polisi bagi dirinya sendiri.

“Kepolisian akan selalu siap memberikan bantuan dan pelayanan apabila dibutuhkan. Silakan hubungi anggota Bhabinkamtibmas atau kantor polisi terdekat,” pungkas Kapolres. (Ag-Mj)