GROBOGAN, Mediajateng.net – Kuota tampung narapidana di Rumah Tahanan (Rutan) Klas II B Purwodadi seharusnya 125 orang. Namun saat ini, Rutan yang berlokasi di Jalan R. Suprapto ini sudah menampung 168 warga binaan.

Mayoritas mereka adalah napi dengan kasus pencurian dan perjudian. Hal tersebut disampaikan Ka Rutan Klas II B Purwodadi Surrakhmat melalui Kasubsi Pelayanan Tahanan Heri Dwi Siswanto.

Heri mengatakan, meski rutan tersebut dikatakan overload namun pihaknya tetap melakukan langkah persuasif menghadapi para napi binaan.

“Kami tetap menggunakan langkah persuasif dalam menghadapi semua warga binaan. Kalau jumlahnya terus bertambah maka solusinya napi khusus hukuman berat dimutasi ke rutan yang lebih besar seperti Pati atau Semarang. Sementara ini masih aman,” kata Heri.

Saat ini, pihaknya masih mengandalkan remisi yang ada seperti remisi umum yang diberikan kepada napi saat peringatan hari besar. Seperti pada Selasa (25/12/2018) kemarin. 4 dari 8 napi beragama Nasrani mendapat remisi antara 15 hari sampai satu bulan.

”Tidak ada yang menerima RK II atau remisi bebas. Mereka masih ada sisa-sisa hukuman yang harus dijalani meskipun dapat remisi,” tambah Heri.

Sementara, lanjut dia, empat napi lainnya tidak ikut mendapatkan remisi. Keempat napi tersebut masih menjalani hukuman di rutan tersebut selama enam bulan. “Sehingga tidak mendapatkan pengurangan masa tahanan,” jelas dia. (Ag-Mj)