KENDAL, Mediajateng.net – Sebanyak 1.250 warga Kecamatan Patean , Kendal, mendeklarasikan Stop Buang Air Besar (BAB) Sembarangan. Pembacaan ikrar deklarasi Open Defecation Free (ODF) tersebut, diikuti oleh siswa SD se – Kecamatan Patean , tokoh agama dan tokoh masyarakat, kader desa dan organisasi profesi HAKLI.

Deklarasi ODF yang dipusatkan
di lapangan Desa Pagersari, Kecamatan Patean, Kendal tersebut, digelar dalam rangka Kampanye Hari Cuci Tangan pakai Sabun Sedunia ( HCTPS) yang diperingati setiap tanggal 15 Oktober.

Hadir dalam acara tersebut Bupati Kendal, Mirna Annisa, Sekretaris Daerah Kabupaten Kendal, Moh Toha, Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kendal, HAKLI cabang Kendal , Forkompincam serta Kepala Desa se – Kecamatan Patean.

“Saatnya tinggalkan kebiasaan buruk, jangan buang air besar sembarangan. Di rumah dan sekolah, wajib cuci tangan pakai sabun supaya terhindar dari penyakit berbasis lingkungan seperti diare,” kata Bupati Mirna, Minggu (15/10/2018) lalu.

Sekda Kendal, Moh Toha, sangat mengapresiasi kinerja Camat, Kepala UPTD Puskesmas, Sanitarian dan kepala desa se -kecamatan Patean yang telah mendeklarasikan setop buang air besar sembarangan dan melaksanakan tiga pilar STBM.

“Ini harus selalu dijaga dan terus dikawal , sehingga semua masyarakat bisa memiliki jamban sehat,” katanya.

Moh Toha juga menambahkan, derajat kesehatan akan meningkat ketika masyakarakat tidak ada lagi mengalami penyakit yang diderita , seperti diare, TBC dan penyakit yang berbasis lingkungan lainnya.

“Maka dari itu, wajib melaksanakan pilar – pilar sanitasi total berbasis masyarakat,” tandasnya.

Moh Toha, mentargetkan pada akhir bulan Oktober tahun 2018, semua kecamatan di Kendal harus sudah deklarasi ODF dan segera mengajukan pengajuan verifikasi Kabupaten ODF ke Dinkes provinsi.

“Nantinya pada bulan November 2018 , Kabupaten Kendal akan mendeklarasikan kabupaten bebas dari buang air besar sembarangan,” ungkapnya.

Acara yang juga diisi dengan senam CTPS oleh Bupati Mirna dan diikuti oleh semua peserta tersebut, berlangsung meriah. Sebagai simbol bahwa Kecamatan Patean sudah terbebas dari buang air besar sembarangan, Sekda Kendal , melepas Balon ke udara. Acara diakhiri dengan cuci tangan bersama pakai sabun.