GROBOGAN, Mediajateng.net – Kantor pelayanan Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Grobogan dipadati masyarakat, Rabu (26/12/2018) pascacuti bersama tanggal 24-25 Desember dalam rangka peringatan Natal. Mereka pada umumnya hendak membayarkan pajak kendaraan bermotor yang jatuh tempo pada 24-25 Desember 2018.

Sekitar 1500 orang memadati kantor yang terletak di ujung utara Jalan Diponegoro, Kota Purwodadi tersebut. Meski kantor tutup selama dua hari, masyarakat pemilik kendaraan bermotor, baik roda dua, empat atau lebih yang masa jatuh temponya pada tanggal tersebut diberi dispensasi dari Samsat Grobogan. Yakni tidak menerapkan denda kepada pemilik kendaraan tersebut. Hal tersebut seperti yang dikatakan Kanit Regident Polres Grobogan Ipda Tri Afandy.

“Rata-rata yang datang ke Samsat hari ini adalah pemilik kendaraan yang pajaknya jatuh tempo pada tanggal 24 dan 25 Desember kemarin. Dikarenakan kantor libur cuti bersama, masyarakat tidak bisa membayar pajak. Layanan baru dibuka kembali hari ini,” kata Ipda Afandy, sapaan akrabnya.

Ipda Afandy mengatakan, sebelumnya lonjakan wajib pajak kendaraan bermotor sudah diprediksi akan naik. Karena itu, pihaknya sudah menyiapkan antisipasi terkait kenaikan pembayar pajak.

“Lonjakan pembayar pajak sudah kami prediksi. Kami sudah melakukan antisipasi yaitu dengan menambah kursi di ruang pelayanan. Selain itu, jam pelayanan juga ikut ditambah. Biasanya kami menutup pelayanan pukul 14.00 WIB. Hari ini pelayanan kami buka sampai seluruh wajib pajak terlayani petugas kami,” tutur pria asal Temanggung itu. (Ag-Mj)