DEMAK,Mediajateng.net – Ribuan warga negara asing tercatat bermukim di Propinsi Jawa Tengah, mereka tersebar di sejumlah kabupaten/kota.

Masruhan Samsuri, Ketua Komisi A DPRD Jateng, seusai melakukan inspeksi mendadak di Kantor Kesbangpolinmas Kabupaten Demak, Kamis (24/11) menyampaikan, mereka (orang asing) masuk ke Jateng menggunakan visa kunjungan atau visa wisata, namun menyalahgunakannya dengan bekerja di berbagai sektor.

“Orang asing ke sini pakai visa wisata, eh ternyata malah bekerja. Kita harus mendisiplinkan mereka. Kita tidak melarang, silakan saja datang tetapi harus sesuai aturan,” kata Masruhan.

Komisi A DPRD Jateng, tengah meencari data akurat terkait keberadaan orang asing yang ada di Jateng. Karena itu melakukan sidak ke sejumlah daerah, terutama yang disinyalir banyak orang asingnya.

“Semarang, Solo, Jepara, Karanganyar dan cilacap daerah potensial orang asing. Di Jepara saja ada seratusan orang asing, “ujarnya.

Suhu politik dan keamanan di Indonesia saat ini tengah memanas, jika masuknya orang asing tersebut tidak diantisipasi dan di filterisasi, dikhawatirkan dapat mempengaruhi stabilitas keamanan nasional karena mereka membawa paham dan ideologi baru yang belum tentu cocok dengan ideologi Indonesia. (MJ-045)

4 KOMENTAR

Comments are closed.