Grobogan, Mediajateng.net- Suasana berbeda terlihat di Halaman Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Grobogan, Senin (17/12/2018). Di kantor yang berlokasi di Jalan Dr. Soetomo, Purwodadi, sebanyak 28 ribu KTP Elektronik yang rusak atau invalid dimusnahkan.

Pemusnahan tersebut dilakukan Kepala Dispendukcapil Grobogan, Moch Susilo dan Kepala Satpol PP Grobogan Bambang Panji dengan membakar 28 ribu KTP elektronik tersebut disaksikan dari perwakilan Polres Grobogan.

Dikatakan Susilo, pemusnahan KTP elektronik invalid ini sesuai dengan surat edaran Kementerian Dalam Negeri Nomor 470.13/11176/SJ tanggal 13 Desember 2018 tentang pemusnahan KTP elektronik yang rusak atau invalid.

“Hari ini kita melakukan pemusnahan KTP elektronik yang rusak atau invalid karena datanya sudah tidak berlaku lagi. Ada yang sudah pindah alamat dan ada yang sudah berubah status pernikahan,” kata Susilo.

Jumlah KTP yang dimusnahkan sebanyak 28.057 keping yang merupakan KTP invalid se Kabupaten Grobogan. Pemusnahan ini, tegas Susilo, sesuai dengan keputusan yang berlaku.

“Alhamdulilah di Kabupaten Grobogan tidak ada kejadian atau penemuan KTP elektronik yang dibuang seperti di daerah lain. Setelah dilakukan pemusnahan ini akan kita laporkan ke pemerintah pusat. Semoga tidak ada yang tercecer,” ungkap Susilo. (Ag-Mj)