Ratusan Warga Tegal Berduyun Ikuti Baksos Kesehatan HUT Jalasenastri ke 70

2

TEGAL, Mediajateng.net – Menggandeng Yayasan Bangun Sehat Indonesia (YBSI) dan Lanal Tegal, Djarum Foundation menyelenggarakan bakti sosial kesehatan di wilayah Kecamatan Tegal Barat dan dan Tegal Kota.
Pelaksanaan baksos kesehatan tersebut dipicu susahnya jangkauan pusat kesehatan di daerah pesisir tersebut. “Seperti pelayanan di tiga desa terdekat dengan laut, karena jauh untuk menjangkau Puskesmas terdekat maka pelayanan kesehatan dilakukan dengan sistem membuka Puskesmas lapangan,” ungkap Camat Tegal Barat, Sri Widiyawati, dalam pembukaan bakti sosial di halaman kantor kecamatan, akhir pekan lalu.
Sementara itu, Wakil Walikota Tegal, Nur Sholeh menegaskan bahwa pihaknya mengapresiasi penuh acara ini dan akan terus mengupayakan pelayanan kesehatan. “Kegiatan sosial, bisa membuat warga mendapat pelayanan kesehatan,” ungkapnya.
Selain program bakti sosial, juga disediakan kebutuhan darah juga menjadi prioritas kegiatan yang dilakukan oleh tiga institusi berbeda tersebut. Aksi kemanusiaan bertajuk Baksos Pelayanan Kesehatan, Peduli Masyarakat Pesisir Pantai Utara Jawa, Tegal 2016, digelar dalam rangka menyambut hari HUT Jalasenastri Ke70.
Ketua YBSI Virly Mavitasari, mengungkapkan, kegiatan menyertakan tak kurang 25 tenaga medis. Termasuk dokter umum dan spesialis dari YBSI, Lanal Tegal, dan Puskesmas setempat. ”Daerah kegiatan merupakan wilayah dekat pantai dan banyak ditemui penyakit akibat pola konsumsi hasil laut. Karena itu, kami himbau, pola konsumsi ini harus diperhatikan agar tidak memicu penyakit,” jelasnya. (MJ-078)

Comments are closed.