SEMARANG, Mediajateng.net – Ratusan warga Sawah Besar, Kecamatan Gayamsari, Kota Semarang berbondong-bondong memadati lapangan Soekarno Hatta, Kamis siang(23/8). Mereka bukan untuk menonton sepakbola, tetapi pada hari itu, Aksi Cepat Tanggap (ACT) sedang menggelar acara bertajuk “Dapur Qurban”.

Acara tersebut digelar dalam rangka menyambut hari raya Idul Adha 2018. ACT berbagi kebahagiaan hingga ke pelosok negeri melalui Global Qurban dengan menargetkan pendistribusian sebanyak 2200 ekor domba di 35 kabupaten/kota di Jawa Tengah.

Pada kegiatan Dapur Qurban ini, sebanyak 14 ekor domba disembelih untuk dimasak dengan hidangan masakan kambing khas kota Semarang – gulai. Sebanyak 500 porsi gulai dibagikan kepada ratusan warga Sawah Besar, Kecamatan Gayamsari, Kota Semarang.

“Lokasi diadakannya acara ini dipilih bukan tanpa alasan. Lokasi ini di tanah lapang, selain itu bersama kita lihat, yang hadir disini mereka rata-rata adalah berasal dari keluarga pra sejahtera,” tutur Sri Suroto, selaku Branch Manager ACT Jawa Tengah.

Menurut Suroto, untuk wilayah Karsidenan Semarang Raya, ACT mendistribusikan sebanyak 245 ekor Domba. Dari jumlah tersebut, 160 domba disembelih langsung di Lapangan Soekarno Hatta, Sawah Besar untuk kemudian di distribusikan kepada warga Semarang.

“Berbarengan dengan momen HUT Republik Indonesia yang ke-73 dibulan ini, sekaligus sama-sama kita merayakan Idul Adha, kami berharap semua yang hadir berbahagia dan bersemangat dengan jiwa saling membantu,” ungkapnya.

Acara Dapur Qurban diadakan secara serentak di 17 kantor cabang ACT seluruh Indonesia dan manfaatnya tersebar sampai ke pelosok Indonesia.

“Alhamdulillah Global Qurban sudah mencapai lingkup nasional, penerima manfaat dagingnya tersebar di 265 kabupaten/kota. Dan pada tahun ini ACT telah berhasil mendistribusikan qurban masyarakat Indonesia di 46 negara, semoga terus bertambah di tahun-tahun yang akan datang,” tutur Giyanto, selaku Ketua Pelaksana Dapur Qurban-ACT Jawa Tengah.

Salah satu warga penerima manfaat sajian Dapur Qurban, Lina (40) menuturkan kesenangan hadir di Dapur Qurban yang diadakan ACT. Dirinya mengakui baru kali ini menjumpai acara seperti itu.

“Alhamdulillah, bisa makan gulai secara gratis, kalau tidak disini belum tentu setahun sekali makan daging kambing,” ucap ibu satu anak itu sambil tersenyum.

Terlihat juga banyak lansia mengantre untuk menikmati sajian lezatnya Dapur Qurban. Kepada tim ACT, salah satu lansia, Aminah menyampaikan terimakasih telah menggelar acara tersebut.

“Kemarin dapat undangan untuk makan bersama, datang kesini senang bisa makan enak, saya dirumah sendirian mas, anak saya merantau semua,” tutur nenek 73 tahun tersebut.

Seperti diketahui, pendistribusian daging qurban di wilayah Jawa Tengah telah berlangsung sejak hari raya Idul Adha dan tiga hari tasyrik setelahnya. Daging domba yang telah disembelih di distribusikan ke daerah-daerah yang berdasarkan hasil survei tim ACT yang memang benar-benar membutuhkan. (ot/mj)

3 KOMENTAR

Comments are closed.