SEMARANG, mediajateng.net, – PT Marimas Putera Kencana menggelar sejumlah kegiatan bertajuk Festival Marimas Ecobricks. Salah satunya mengadakan pelatihan Ecobricks yang mengundang ratusan siswa yang berasal dari 25 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Jawa Tengah, Sabtu (27/4).

Bertempat di SMKN Jawa Tengah, sekitar 120 peserta guru dan siswa mengikuti pelatihan Ecobricks. Menurut Dian Halim mewakili PT Marimas Putera Kencana, kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian dalam rangka memperingati Hari Bumi yang diperingati tiap tanggal 22 April. Oleh karena itu pihaknya bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah mengajak para siswa dan guru mengikuti pelatihan Ecobricks.

“Harapannya para guru dan siswa mulai memanfaatkan sampah plastic di sekolah dan sekitarnya menjadi barang yang bermanfaat. Kami latih, kami ajari dan kami sosialisasikan terus ke sekolah-sekolah tentang pelatihan ini,” ujarnya kepada mediajateng.net.

Selain pelatihan, Dian menambahkan, pihaknya juga bekerjasama dengan Komunitas Suara Indonesia untuk mengembangkan jiwa kewirausahaan siswa SMK melalui program Unit Usaha Pelajar (UUP).

“Kita mengedukasi para siswa agar bisa memaksimalkan potensi tiap siswa soal jiwa kewirausahaan. Mulai dari sekolah kami ajak para siswa bisa menjadi seorang pengusaha,” katanya.

Dian Halim mewakili PT Marimas Putera Kencana menyampaikan dengan Program UUP dan Pelatihan Ecobricks ini diharapkan siswa-siswi SMK dapat meningkatkan jiwa kewirausahaan dan juga peduli terhadap lingkungan.

Pada kesempatan yang sama Humas PT Marimas Putera Kencana, Lantip Waspodo menambahkan, selain pelatihan Ecobricks di SMKN Jawa Tengah, pihaknya juga melakukan kegiatan penyerahan 1 unit Laptop kepada SMK Plus Nurul Hakim, Kediri, Lombok Barat dalam Program Marimas Ecobricks Gratis 1000 Laptop pada Rabu (24/4).

“Dilanjutkan kegiatan Edukasi Ecobricks di acara jalan sehat memperingati Hari Pendidikan Nasional 2019 bersama Dinas Pendidikan Provinsi Bali. Lalu diakhiri pada Minggu (28/4) dengan Kampanye Edukasi Ecobricks serentak di Car Free Day Kota Semarang, Yogyakarta, Jember, Surabaya, Pati, Tegal dan Jakarta Barat,”pungkasnya. (ot/mj)