Grobogan, Mediajateng.net – Berkaitan dengan Hari Santri Nasional, ratusan santri dari sejumlah pesantren dan lembaga madrasah se Kecamatan Grobogan mengikuti upacara, Senin (22/20/2018).

Bertempat di Lapangan Kecamatan Grobogan, para santri mengikuti upacara dengan khidmat. Dengan balutan pakaian khas santri yakni sarung, peci dan baju koko bagi kaum santri dan baju gamis beserta hijab bagi santriwati.

Hal yang sama juga dilakukan Camat Grobogan Nurwanta yang bertindak sebagai komandan upacara. Mengenakan baju koko, berpeci lengkap dengan sarungnya, Nurwanta membawa jalannya upacara ini dengan khidmat.

Dalam kegiatan ini, juga diadakan pembacaan resolusi jihad. Selain itu, para santri juga membacakan deklarasi ikrar santri. Dalam ikrar tersebut, para santri mengucapkan janji setianya kepada Asas Pancasila dan NKRI serta Bhineka Tunggal Ika.

Upacara ini juga diikuti para santri dan ormas Islam Banser dan Ansor. Harsono, ketua PAC Ansor Kecamatan Grobogan berharap di era milenial ii para santri bisa menjadi santri yang cerdas.

“Diharapkan dengan kegiatan hari santri ini, para santri milenial mampu meneladani perjuangan para ulama dalam mengisi pembangunan bangsa dan para santri juga diharapkan menjadi santri yang cerdas dalam bermedia dan antihoax,” kata dia. (Ag-Mj)