DEMAK, Mediajateng.net – Sebanyak 107 stand mengikuti pameran Demak Expo tahun 2019. Pameran aneka produk unggulan Kota Wali yang diikuti oleh pelaku usaha dan UMKM Demak itu akan berlangsung mulai 1 – 4 Agustus 2019.

Bupati Demak M Natsir membuka secara resmi Demak Expo 2019 yang berlangsung di Sanggar Pramuka Kabupaten Demak, Kamis (1/8/2019).

Bupati Natsir sangat mengapresiasi adanya Demak Expo, yang merupakan event tahunan dan selalu mendapat respon positif dari masyarakat.

”Semoga kegiatan Demak Expo dapat membawa manfaat dalam upaya meningkatkan hasil produksi dan daya saing produk, baik di pasar lokal, nasional maupun internasional. Serta berdampak positif bagi perkembangan UMKM di Kabupaten Demak,” ungkapnya.

Menurutnya, UMKM merupakan bentuk usaha yang mampu menciptakan pasar baru dan sanggup memperkenalkan inovasi produk dengan melihat respon pasar terhadap out put yang dihasilkan. UMKM lebih adaptif dalam menghadapi perubahan pasar, memiliki struktur organisasi yang lebih fleksibel, dan bisa membuat keputusan lebih cepat dibanding usaha-usaha berskala besar.

Bupati Natsir mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Demak menjadikan sektor UMKM menjadi salah satu sektor prioritas untuk menekan angka kemiskinan, mengurangi tingkat pengangguran dan meningkatkan kesejahteraan.

“Dalam hal permodalan, pemkab telah mengucurkan kredit lunak tanpa agunan. Sedangkan untuk promosi, pemerintah memberikan fasilitas kepada pengusaha UMKM untuk mengikuti berbagai pameran berskala lokal maupun nasional. Hal ini dilakukan agar UMKM yang ada di Kabupaten Demak dapat tetap survive,” terangnya.

Melalui momentum Demak Expo itu, Natsir menghimbau kepada para pelaku usaha agar meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan.

“Jangan biarkan masyarakat berpaling ke produk luar dikarenakan kecewa dengan produk lokal. Selalu jaga kualitas dan mutu produk. Kepada seluruh pengunjung, saya minta untuk terus mencintai produk lokal demi kelangsungan UMKM. ‘Beli Produk Lokal, Memperkuat Ekonomi Nasional’,” pesan Natsir.

Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM Kabupaten Demak Dra. Siti Zuarin, MM menyampaikan, Demak Expo 2019 merupakan pekan promosi dan gelar produk Koperasi UMKM Kabupaten Demak yang diselenggarakan dalam rangkaian memperingati hari Koperasi ke 72 tingkat Kabupaten Demak.

Kegiatan yang mengusung tema ‘koperasi dan UKM hebat menuju revolusi industri 4.0’ itu mempunyai maksud mempromosikan potensi dan peluang investasi di Kabupaten Demak, mempromosikan produk unggulan koperasi dan UMKM Kabupaten Demak, memberikan hiburan murah meriah dan kreatif kepada masyarakat, menciptakan peluang pasar di tingkat lokal regional dan nasional, terjalinnya kemitraan antara Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan besar serta usaha kecil dengan BUMN maupun BUMD.

“Pengunjung yang berbelanja kelipatan 50 ribu rupiah akan mendapatkan kupon yang akan diundi pada akhir kegiatan. Ada banyak hadiah menarik,” katanya. (MJ-AB)