Semarang,mediajateng.net-Para calon jamaah yang telah mendaftar di biro travel Umroh dan Haji Raihlah Alatas Wisata (RAW) resah. Pasalnya jadwal pemberangkatan ke tanah suci Mekah tertunda tanpa alasan yang jelas. Ironisnya lagi, kantor biro RAW yang ada di Jalan Woltermonginsidi Pedurungan tersebut telah tutup.

Salah satu  pegawai toko di dereten komplek pertokoan yang enggan disebutkan namanya mengatakan sebelumnya tempat biro travel tersebut buka. Menurutnya, telah tutup sejak hari rabu kemarin.

“Sudah tutup sejak kemarin (Rabu) sama Kamis ini (kemarin). Biasanya buka, gak tahu tutup kenapa,” ujarnya.

Sementara, meskipun biro travel ini telah tutup , namu rombongan jamaah menyerahkan uang tunai sebesar Rp 23 juta dengan harapan bisa berangkat sesuai jadwal yang telah ditentukan.

“Saya mendaftarkan ibu, sudah bayar Rp 23 juta, Lunas. Paspor juga sudah buat, dirumah sudah pengajian syukuran juga,” keluhnya

Diakuinya, sebelum mengetahui hal ini telah merasakan gelagat yang mencurigakan terhadap pihak biro. Pasalnya mendekati jadwal pemberangkatan tidak adanya kabar informasi atau pemberitahuan dari pihak penyelenggara.

“Sebenarnya saya sudah curiga, mendekati hari pemberangkatan tidak ada kabar. Perlengkapan juga belum dikasih. Kalau tutup mestinya ya ngasih pemberitahuan kepada jamaahnya yang sudah mendaftar, supaya tidak mengecewakan,” imbuhnya.

Kekecewaan ini juga diungkapkan Giyono warga Penggaron. Laki-laki pengusaha ini mengakui telah menyerahkan uang hingga ratusan juta untuk memberangkatkan umroh bersama anak istrinya.

“Saya empat orang, sudah bayar Rp 104 juta. Dijanjikan berangkat tanggal 20 Nopember 2016. Tapi sampai sekarang tidak berangkat-berangkat,” jelasnya.

Laki-laki dua anak ini juga telah berusaha menemui pihak bersangkutan menanyakan kepastian jadwal pemberangkatan ke Mekah. Namun, upaya tersebut hanya janji-janji kosong dan penuh banyak alasan.

“Ini saya juga di sms, dari tanggal 20 Nopember, nanti dijanjikan tanggal 16 Desember 2016. Alasanya kalau tanggal 16 Desember 2016 koper sudah ada, yang berangkat ada 250 orang jamaah,” imbuhnya.

Informasi lain, biro travel Umroh dan Haji Raihlah Alatas Wisata (RAW) di komplek pertokoan Jalan Woltermonginsidi ini dimiliki laki-laki bernama Agung. Bahkan, informasinya uang dari biro Umroh dan Haji RAW Cabang Semarang juga belum ada masuk ke RAW Pusat.

Tak hanya itu, ratusan calon jamaah  yang sedianya berangkat umroh Kamis, (8/12) ini tapi tidak jadi telah terlantar. Mereka masih bertahan di Kota Semarang dan menginap disalah satu hotel yang tidak jauh dari lokasi kantor biro travel Umroh dan Haji Raihlah Alatas Wisata (RAW) Jalan Woltermonginsidi Pedurungan.

Dari keterangan beberapa korban, diduga korban biro travel ini berjumlah ratusan dengan total kerugian senilai Rp.2 Milyar, Namun belum ada korban yang secara reami melaporkan kasus ini ke pihak Kepolisian. (MJ-303)

1 KOMENTAR

Comments are closed.