SEMARANG, Mediajateng.net, – Sebanyak 90 daerah kota yang hadir dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Se-Indonesia (Apeksi) yang diselenggarakan di Kota Semarang. Walikota Semarang Hendrar Prihadi sebagai tuan rumah mengucapkan selamat datang kepada para tamu baik Walikota Se-Indonesia maupun pihak-pihak yang mewakili.

“Atas nama Pemkot Semarang kami ucapkan selamat datang di Rakernas Apeksi. Ini luar biasa, seluruh Walikota yang hadir, panjenengan bisa bersilaturahim, bisa berkomunikasi. Saya rasa persoalan masing-masing Pemerintah Kota hampir sama. Tinggal kita komunikasikan lebih intens, kita saling isi. Saya rasa kalau itu dilakukan secara kontinyu, maka akan bisa menyelesaikan masalah dan menjadi bagian dari Indonesia yang terus maju,” ucapnya ketika mengawali sambutan Welcome Dinner Apeksi XIV Tahun 2019, Rabu (02/07) malam.

Walikota Semarang optimis, kedatangan para Walikota Se-Indonesia ini mampu dan bisa menyelesaikan masalah yang dimiliki oleh masing-masing pemerintah Kota. Kepada Ketua Dewan Apeksi Airin Rahma Diyanti, Walikota Semarang pun melaporkan jumlah peserta rakernas yang telah hadir.

“Bu Airin, saya laporkan, 90 daerah pemerintah kota sudah hadir, 7 Wakil Wali Kota, 2 diwakilkan dan sisanya Walikota hadir secara pribadi. Kami merasa senang, panjenengan menyempatkan untuk datang ke Kota Semarang, Ibu Kota Propinsi Jawa Tengah, kota dengan jumlah penduduk 1,6 juta jiwa, dengan luas 372,2 kilometer,” bebernya.

Walikota yang akrab disapa Hendi itu pun tak lupa mengingatkan kepada seluruh tamu untuk bisa menikmati kuliner dan mengunjungi obyek-obyek wisata yang menarik di Kota Semarang.

“Kami punya beberapa kuliner yang bisa diicipi, disela-sela rakernas yang dimulai hari ini. Tapi yang utama, kedatangan bapak ibu sekalian, memberikan semangat kepada kita untuk berbuat baik kepada kota, negara dan bangsa,” pungkas Hendi.

Sementara iu, Ketua Dewan Apeksi Airin Rahma Diyanti, dalam sambutanya menyampaikan terimakasih banyak atas sambutan welcome dinner yang luar biasa.

“Ruangan meja terisi penuh. Jadi kita beri aplaus untuk Pak Wali Kota Semarang,” ujar Airin.

Perempuan yang juga Wali Kota Tangerang Selatan ini menyatakan jika ada sebagian yang sengaja menggunakan jalur darat, yaitu jalur tol menuju ke Kota Semarang. Airin juga menyinggung, terkait tol yang sempat diungkap Hendi di media sempat viral dan menjadi kabar berita yang luar biasa.

“Jadi, Pak Hendi, pilpresnya sudah selesai, sekarang sudah boleh menggunakan jalan tol. Siapapun boleh menggunakan tol. Jadi viral Pak Wali persoalan itu sangat luar biasa. Selesai sudah Pilpres, mari kita menyambut, menyongsong, tugas kita sebaik-baiknya dengan sisa masa jabatan yang kita punyai,” terangnya.

Airin berharap, dirinya selaku Ketua Apeksi Rakernas berjalan dengan lancar dan segala rangkaian kegiatan akan dilalui dengan baik.

“Tentunya kami berharap, selaku pengurus asosiasi tingkat pusat, acara rakernas dimulai malam hari ini berjalan dengan lancar. Indonesia city expo, pawai budaya sesuai harapan dan memberikan manfaat untuk kita semuanya. Terimakasih ,” pungkas Airin.

Di akhir acara pembukaan, ribuan tamu yang hadir dikagetkan dengan kehadiran Ari Lasso yang sengaja dihadirkan oleh Walikota Semarang untuk menghibur tamu di acara gala dinner tersebut. Beberapa lagu populernya yang dinyanyikan, menambah suasana romantis dan syahdunya makan malam tersebut. (ot/mj)