DEMAK, Mediajateng.net – PDI Perjuangan ditetapkan sebagai partai politik pemenang Pemilu 2019 di Kabupaten Demak. Dalam Rapat Pleno Terbuka Penetapan Perolehan Kursi Partai Politik dan Calon Terpilih anggota DPRD Kabupaten Demak tahun 2019, Senin (22/7/2019) malam, dari 50 kursi legislatif yang diperebutkan, partai banteng moncong putih itu memperoleh 11 kursi.

Rapat pleno yang dipimpin oleh Ketua KPU Demak, Bambang Setya Budi itu, dihadiri Bawaslu Demak, para pimpinan parpol Peserta Pemilu 2019 , sejumlah ormas dan perwakilan Pemkab Demak.

“Alhamdulillah, Pemilu di Demak berjalan kondusif. Kami (KPU Demak) baru saja menetapkan perolehan calon terpilih. Hasilnya PDI Perjuangan memperoleh kursi terbanyak,” kata Bambang Setya Budi , seusai rapat pleno.

Pada rapat pleno tersebut, Bambang Setya Budi menyampaikan bahwa KPU Demak sangat mengapresiasi kerja keras bersama seluruh anggota PPK , PPS hingga KPPS serta aparat TNI – Polri dan Pemkab Demak serta seluruh lapisan masyarakat sehingga pesta demokrasi di Kota Wali berjalan lancar.

Tak hanya pesta demokrasi berlangsung kondusif, partisipasi masyarakat pun juga meningkat.

“Tingkat partisipasi pemilih naik 5 persen. Pada Pemilu 2014 lalu angka partisiapsi sebesar 79 persen, Pemilu kali ini menjadi 83 persen,” ujarnya.

Berdasarkan perolehan suara sah, sambung Bambang, dari total 50 kursi terbagi untuk PDIP 11 kursi, PKB (9), Partai Gerindra (8) dan Partai Golkar (7). Selain itu Partai Nasdem enam kursi, PPP (5), Partai Demokrat (3) serta PAN (1).

Sedangkan anggota DPRD Demak terpilih dengan suara sah terbanyak adalah H Fahrudin Bisri Slamet dari PDIP dengan 15.003 suara. Sedangkan anggota DPRD Demak terpilih dengan suara sah terkecil adalah Siti Khoiriah dari Partai Nasdem dengan perolehan 2.711 suara sah.

“Insya Allah pelantikan anggota DPRD Demak terpilih periode 2019 – 2024 pada bulan Agustus 2019 nanti,” tutupnya. (MJ-AB)