KEBUMEN – mediajateng.net

Polres Kebumen kembali berhasil mengamankan bubuk misiu petasan “obat mercon”, Jumat (09/06). Tak tanggung tanggung, bukan hanya bubuk misiu seberat ratusan Kg saja yang diamankan, melainkan dua peracik sekaligus pemilik juga turut diamankan dalam giat operasi yang ditingkatkan menjelang Lebaran tersebut.

Ratusan obat mercon tersebut diperoleh dari penggeledahan di lima lokasi berbeda, yaitu di Kutowinangun, Klirong, Buluspesantren, Karanganyar, dan Kebumen. Dalam penggeledahan itu dua peracik berinisial SM (36) dan AGP (40) warga Buluspesantren turut diamankan Polres Kebumen.

Kapolres Kebumen, AKBP Titi Hastuti menjelaskan, penangkapan tersangka berawal dari penyelidikan di lapangan yang dilakukan Sat Sabhara dan Sat Reskrim.

“Modusnya, para tersangka menjajakan obat mercon itu melalui handphone atau dari mulut ke mulut,” papar AKBP Titi yang saat itu didampingi Kasat Sabhara AKP Krida, Kabag Ops Kompol Suyatno dan Kanit Jatanras Sat Reskrim Polres Kebumen saat press release, Selasa (13/06) .

Selain 144 Kg obat mercon, dalam operasi tersebut, polisi juga mengamankan ribuan petasan siap edar dan siap diledakan.
Akibat perbuatannya itu, para tersangka terancam harus melewati masa Lebaran di balik jeruji.

Saat ini kedua tersangka SM dan AGP masih mendekam diruang tahanan Polres Kebumen guna menjalani penyidikan dan pengembangan lebih lanjut. Atas tindakan itu, keduanya dijerat pasal 1 ayat 1 UU Darurat nomor 12 tahun 1951 tentang senjata api dan bahan peledak, dengan ancaman hukuman pidana 20 tahun penjara. (MJ-303)