SEMARANG, Mediajateng.net – Puluhan pemuda di Kota Semarang, mengikuti pelatihan beladiri yang diselenggarakan sasana Jagaraga di lapangan GOR Tri Lomba Juang, belum lama ini. Sedangkan kegiatan ini sengaja mengundang para pemuda untuk menyalurkan kegiatan positifnya yakni mereka yang mempunyai hobi beladiri. Sebagaimana diungkapkan Yuli salah seorang pengurus Jagaraga, pada sela-sela latihan, kemarin.
“Kami akui meski latihan perdana tapi banyak pemuda yang mengikuti kegiatan tersebut, antusias para pemuda cukup tinggi terbukti banyak yang mengikuti pelatihan. Sedangkan tujuannya menyatukan semua bentuk bela diri dalam satu wadah yang akan menyalurkan semua kegiatan positif, termasuk meraih prestasi di bidang olah raga,” jelasnya.
Latihan, dimulai sore hari setiap hari Kamis selain untuk kesehatan, tujuan beladiri ini untuk menghilangkan kesan preman yang kerap melekat di tubuh ormas Pemuda Pancasila (PP). Sebagaimana diketahui, sasana beladiri Jagaraga merupakan satu lembaga resmi ormas PP Kota Semarang.
Salah satu peserta latihan, Heri mengatakan, dirinya memang menyukai kegiatan beladiri. Selain hobi, Heri juga mempunyai keinginan kuat bisa menjadi atlet beladiri nantinya.
“Saya sebelumnya pernah ikut. Lalu berhenti. Saya dapat info ada sasana Jagaraga. Alhamdulillah bisa latihan lagi,” katanya.
Sementara itu menurut pelatih beladiri, Taufik, karena masih pelatihan perdana, dirinya mengajarkan dasar pelatihan beladiri seperti memukul dan menendang serta menangkis.
“Yang dasar-dasar dulu yang diajarkan. Nanti kalau sudah banyak latihan, ya meningkat lagi gerakan-gerakannya,” jelasnya usai latihan.
Taufik mengatakan, selain demi kesehatan, latihan beladiri juga bermanfaat untuk banyak hal salah satunya mengendalikan emosi, terutama bagi anak muda. Dengan mengikuti beladiri, kata dia, kegiatan positif tersalurkan daripada suka berkelahi di jalanan.
“Tentunya juga bukan untuk gagah-gagahan. Makanya kami selalu berpesan, agar tidak sombong ketika sudah pandai menguasai teknik beladiri,” pesannya kepada peserta latihan.(M.J070/690)

2 KOMENTAR

Comments are closed.