SEMARANG, Mediajateng.net – PT. KAI Daop 4 Semarang bakal menambah dua relasi baru ke Bandung dan Surabaya pada Oktober mendatang.
Penambahan rute baru Semarang Tawang – Bandung dengan menggunakan KA Ciremai akan dilakukan pada awal bulan depan. Manager Humas PT. KAI Daop 4 Semarang, Edy Kuswoyo mengatakan, sebelumnya KA Ciremai hanya melayani rute Cirebon-Bandung, perpanjangan rute tersebut sebagai bentuk apresiasi tingginya okupansi KA menuju Jakarta dan Banung. “Tujuan Bandung hanya dilayani KA Harina, okupansinya sangat tinggi mencapai 60 – 80 persen, saat weekend bisa naik hingga 100 persen, penambahan KA ataupun jadwal keberangkatan sangat diperlukan,” katanya kemarin.
Selain itu, Edy juga menjelaskan bahwa KA Ciremai akan terdiri dari 8 rangkaian yakni empat rangkaian gerbong eksekutif dan empat rangkaian gerbong bisnis dengan kapasitas sekitar 448 penumpang. “Prediksi kita pasti berhasil dengan perpanjangan KA Ciremai, apalagi antusias penumpang Semarang -Bandung cukup tinggi dan hanya dilayani oleh KA Harina, KA ini rencananya berangkat setiap hari sekitar jam 17.35 petang,” kata dia.
Selain relasi Bandung, Daop 4 juga akan menambah satu KA dengan 8 rangkaian gerbong kelas ekonomi tujuan Surabaya yang akan berangkat dari Semarang Poncol menuju Pasar Turi yang sebelumnya hanya dilayani KA Maharani. Surabaya sendiri menjadi salah satu kota ekspansi karena minat tinggi dan okupansi penumpang yang cukup baik. “Dengan Okupansi tinggi, rute Surabaya hanya dilayani satu kereta yakni Harina. Bulan depan akan dicoba KA baru tujuan ke Surabaya,” tambahnya.
Nantinya, sekali jadwal keberangkatan KA baru yang belum diberi nama ini bisa mengangkut sekitar 800 orang. “Okupansi Harina cukup tinggi, sehingga perlu adanya penambahan jadwal baru dengan perbedaan jam agar masyarakat punya pilihan yang cukup beragam,” jelasnya. (MJ-058)

Comments are closed.