Program Pertashop di Sosialisasikan di Kabupaten Cilacap

Cilacap, mediajateng.net – Forkopimda Kabupaten Cilacap menerima kunjungan kerja Dirjen Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri Dr. Yusharto Huntoyungo, M.Pd beserta rombongan saat berkunjung ke Cilacap. Kedatangan mereka diterima di Ruang Gadri, Rumah Dinas Bupati Cilacap, Jln. Sudirman No. 32 Kelurahan Sidanegara, Kecamatan Cilacap Tengah, Rabu (15/12/21).

Kedatangan Dirjen Bina Pemerintahan Desa Kemendgri adalah dalam rangka mensosialisasi Program Pertashop di Kabupaten Cilacap dan program ini Kementerian Dalam Negeri telah bekerjasama dengan PT. Pertamina (Persero).

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Dirjen Bina Pemerintahan Desa Kemendagri Dr. Yusharto Huntoyungo, M.Pd, Direktur Fasilitasi Pengembangan Kapasitas Aparatur Desa Kemendagri Dr. Paudah, M.Si., Eksekutiv GM. Regional Jawa Bagain Tengah Pertamina Putut Andriatno.

Unsur Forkopimda Kabupaten Cilacap diantaranya Bupati Cilacap H. Tatto Suwarto Pamuji beserta Hj. Teti Rohatiningsih, S.Sos., Danlanal Kolonel Laut (PM) Sugeng Subagyo, S.Sos., Dandim 0703/Cilacap yang dalam hal ini diwakili Danramil 18/Cilacap Utara Kapten Cba Gunawan Sasmita dan Wakil Bupati Syamsul Auliya Rachman, S. STP., MSI.

Juga hadir Wakil Ketua DPRD Cilacap Fraksi Partai Golkar Sindy Syakir, S.IP., M.Si, Kasubbag Dan Ops Bag Ops Polres Cilacap AKP. Bambang Supriyanto, Kejaksaan Negeri Cilacap Bambang, Kasatpol PP Luhur Satrio Muchsin, S.STP., M.Si., Para Asisten Setda Kabupaten Cilacap dan Tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Bupati Cilacap mengemukakan bahwa Program Pertashop merupakan program yang diinisiasi oleh Kementrian Dalam Negeri dan PT
Pertamina (Persero) untuk pemenuhan kebutuhan Bahan Bakar Minyak Non Subsidi, LPG non Subsidi, dan produk PT Pertamina (Persero) Ritel lainnya yang belum terlayani oleh lembaga penyalur PT. Pertamina (Persero) lain di
tingkat desa.

“Adapun tujuan dilaksanakan nya program Pertashop ini adalah untuk memberikan kemudahan dalam pelayanan dan pemenuhan kebutuhan bagi masyarakat untuk penyediaan bahan bakar minyak serta peningkatan kualitas sumber daya manusia,” Katanya.

Di Kabupaten Cilacap, beberapa kegiatan telah dilakukan dalam mendukung program percepatan Pertashop antara lain mengikuti pertemuan antara Kemendagri dan Menteri Desa di Semarang bersama seluruh Kepala Desa se-Provinsi Jawa Tengah.

Program Pertashop di Kabupaten Cilacap ditunjuk sesuai Surat Menteri Dalam Negeri Nomor : 117/3015/SJ tanggal 28 April 2020 perihal Percepatan Program Pertashop di Desa, sebanyak 3 Desa yaitu Desa Karangnangka Kecamatan Binangun, Desa Pegadingan Kecamatan Cipari, dan Desa Cimrutu Kecamatan Patimuan.

Tahap kedua sesuai dengan hasil zoom meeting dengan Menteri Dalam Negeri dan Direktur Utama PT Pertamina pada tanggal 9 September 2020 di Ruang Prasandha, Kabupaten Cilacap mendapat kuota 20 Desa.

Dari 20 Desa yang mengajukan proposal belum semua desa telah berdiri Pertashop, mengingat beberapa desa setelah dicek oleh Pertamina dan pihak ketiga secara teknis tidak memenuhi persyaratan, misalnya dikarenakan medan lokasi yang tidak memungkinkan truk penyuplai BBM untuk sampai ke lokasi.

Selain itu Bupati juga mengungkapkan bahwa telah menerima Perwakilan kunjungan PT Pertamina (Persero) Pusat di mana dalam kesempatan tersebut, Bupati bertekad dapat mendirikan setidaknya 100 titik Pertashop di
wilayah Kabupaten Cilacap.

Update sampai dengan tanggal 29 November 2021, Pertashop yang ada di Kabupaten Cilacap, Operasional sebanyak 47 Pertashop, Progres 13 Pertashop
sehingga total 60 Pertashop.

“Harapan Pemerintah Kabupaten Cilacap
keberadaan Pertashop ini selain memberikan
kemudahan pelayanan dan pemenuhan kebutuhan Bahan Bakar Minyak, juga dapat membangkitkan perekonomian desa serta meningkatkan pemberdayaan masyarakat,” Harap Bupati Tatto Suwaryo Pamuji.

Dalam kesempatan itu, Excutive GM. Regional Jawa Bagain Tengah Pertamina Putut Andriatno juga mengungkapkan bahwa tujuan utama Pertashop yaitu untuk memenuhi BBM yang belum terjangkau oleh SPBU.

“Kita ingin hadir ditengah tengah masyarakat, inilah lembaga resmi Pertamina, terimakasih atas jajaran Forkopimda Cilacap yang telah mendukung kami,” Ungkapnya.

Menanggapi hal tersebut, Dirjen Bina Pemerintahan Desa Kemendagri Dr. Yusharto Huntoyungo, M.Pd dalam sambutannya mengatakan bahwa di tengah pandemi yang sedang terjadi saat ini, pihaknya tetap usaha mandiri dengan tujuan bersama Pertamina datang ke Cilacap mencoba melihat daerah yang bisa menjadi pemenuhan bahan bakar non subsidi dan Cilacap menjadi pilihannya.

“Kebetulan pertashop di Kabupaten Cilacap bisa dikatakan merupakan relasi Pertamina karena dari hulu hingga hilir, Cilacap banyak perthasop dan akan menjadikan nilai tambah bagi desa tersebut. Pertashop sebagai sumber ekonomi di desa, diharapkan akan menjadikan daerah yang smart dan menaikan taraf hidup, sehingga akan menimbulkan keuntungan bagi masyarakat,” Ungkapnya.

Selepas kegiatan tersebut, Dirjen Bina Pemerintahan Desa Kemendagri beserta rombongan dan didampingi Bupati Cilacap dan pihak Pertamina, mengunjungi Pertashop di Desa Planjan Kecamatan Kesugihan. (MJ/50)