Presiden : “Gunakan Sertifikat Untuk Kegiatan Yang Produktif”

GROBOGAN, Mediajateng.net, – Presiden RI H. Ir. Joko Widodo meminta kepada masyarakat Kabupaten Grobogan menggunakan sertifikat untuk hal-hal yang produktif. Hal itu disampaikannya langsung pada penyerahan sertifikat untuk masyarakat Kabupaten Grobogan, Sabtu (15/9).

“Kalau sudah pegang sertifikat, tolong diberi plastik. Ini sudah ada plastiknya semua ya,” kata Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi berpesan dengan adanya plastik untuk melindungi sertifikat tanah milik masyarakat dari hal-hal yang dapat membuat kecacatan pada buku sertifikat itu, seperti genteng yang bocor. Selain itu, orang nomor satu di Indonesia ini juga meminta kepada masyarakat agar langsung memfotokopi sertifikat tersebut.

“Sehingga kalau sertifikatnya yang asli itu hilang, mengurusnya juga lebih mudah. Dan tolong menyimpannya di lemari yang berbeda. Jadi, kalau yang lemari sana hilang, masih ada foto kopiannya di lemari yang satunya,” pesan Presiden Jokowi.

Presiden juga memberikan gambaran kepada masyarakat mengenai kegunaan sertifikat tanah ini.

“Ini bisa dimanfaatkan. Misalnya, untuk agunan bisa dipakai jaminan ke bank. Tapi kalau ada yang ingin disekolahkan silakan, tidak apa-apa. Tapi dititipkan ke bank. Bukan saya titip, saya titip (maksudnya dititipkan ke orang lain untuk jaminan ke bank-red),” kata Presiden Jokowi.

Ayah dari Gibran Rakabuming, Kahiyang Ayu dan Kaesang Pangarep ini juga berpesan agar peminjaman uang dengan agunan sertifikat tanah tersebut dipergunakan untuk hal yang produktif. Yakni permodalan usaha, bukan untuk membeli benda-benda yang bermaterial seperti sepeda motor atau mobil.

“Kamu dapat 300 juta, gunakan semuanya atau modal usaha dapat 30 juta gunakan semuanya untuk modal usaha kelontong. Silakan ditabung keuntungannya. Dapat 5 juta ditabung, untung 2 juta ditabung. 10 juta juga ditabung. Keuntungannya itulah yang dipakai untuk beli motor atau mobil. Tidak apa-apa kalau sudah dibutuhkan mau beli sepeda motor, silakan. Tapi yang produktif,” tambah Presiden. (Ag-MJ)

Comments are closed.