PEKALONGAN, Mediajateng.net- Pengamanan hutan tidak aja menjadi tugas Perum Perutani, namun juga menjadi tugas Kepolisian dan Koramil hingga masyarakat.

Karenanya, tidak saja menunggu laporan dari peolisi hutan di Perum Perhutani. Namun, tim juga blusukan masuk ke wilayah hutan untuk melihat kondisi nyata kawasan hutan dibawah pengelolaan Perhutani.

Seperti dalam keteranganya, Senin (12/3/18) diungkapkan wilayah kecamatan Lebakbarang yang sebagian besar terdiri dari hutan lindung dan hutan produksi yang luas sangat rawan terjadinya tindak pidana pembalakan liar kayu dan pencurian hasil hutan.

Pencurian, mengakibatkan rusaknya ekosistem hingga berakibat buruk bagi kelangsungan mahkluk hidup penghunya dan juga masyarakat yang hidup di sekelilingnya, Perum Perhutani yang dipercaya pemerintah untuk menjaga dan mengelola hutan kueang maksinal dalam pelaksanaanya, karena jumlah personil yang sangat terbatas.

Mengingat situasi tersebut demi amannya hutan dari tangan oknum yang tidak bertanggung jawab, maka dijalinlah kerjasama dengan pihak terkait dalam hal ini Kepolisian dan Koramil serta lembaga – lembaga swadaya ysng ada di masyarakat.

Seperti yang dilskukan sejak,  Sabtu (10/3/2018) Anggota Polsek, Koramil dan Perhutani melaksanakan kegiatan patroli berjalan kaki menembus lebatnya hutan lindung  di KRPH Kapundutan Lebakbarang.

Anggota patroli bersama terdiri dari Brigsdir Robi Haryanto, Sertu Darjan dan Sertu Maryono serta Mantri perhutani  Wagiono dan Mandor Adi tanto dipimpin Kasium Polsek Lebakbarang Polres Pekalongan  Bripka AgusTri Handoko berjalan kaki meneliti dan mengamati hutan dan seisinya.

Selama pelaksanaan pengawasan kawasan, anggota patroli tidak menemukan hambatan yang berarti, juga tidak menemukan adanya sisa- sisa kayu hasil pembalakan, masyarakat sudah semakin tinggi tingkat kesadarannya dalam menjaga kelestarian hutan berkat sosialisasi terus menerus yang di lakukan bersama oleh Polsek, Koramil dan perhutani.

” Alhamdulillah hutan semakin aman berkat kesadaran masyarakat, mudah- mudahan anak cucu kita bisa mendapatkan manfaat yang terbaik dari lestarinya hutan kita ” ucap Bripka Agus Tri Handoko di sela- sela perjalanan kembali menuju Mapolsek.(505-Mj)