Purbalingga – mediajateng.net

Polsek Karangmoncol mendatangi lokasi kebakaran rumah di Desa Rajawana, Kecamatan Karangmoncol, Purbalingga, Senin (17/7). Akibat kebakaran tersebut, empat rumah terbakar habis dan satu rumah terbakar pada bagian atapnya.

Kapolsek Karangmoncol AKP SE. Purwanto mengatakan kebakaran diketahui sekitar pukul 01.30 WIB di Desa Rajawana, Kecamatan Karangmoncol. Mendapati laporan kejadian pihaknya langsung mendatangi lokasi dan menghubungi pihak pemadam kebakaran.

Kebakaran tersebut menyebabkan empat rumah terbakar yaitu milik Muhasin (60), Martosim (65), Jarwo (47) dan Saryono (60). Selain itu satu rumah lainnya milik Riyanto (57) hanya terbakar sebagian atapnya.

“Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, namun kerugian akibat kebakaran ditaksir mencapai ratusan juta karena rumah berikut isinya turut terbakar,” ucap kapolsek.

Dari informasi yang dihimpun, kejadian bermula saat salah satu korban bernama Muhasin memasak air di dapur menggunakan tungku. Namun kemudian ditinggal pergi dan lupa mematikan hingga tertidur.

Muhasin dibangunkan oleh anaknya Rusmiati yang melihat kobaran api di rumahnya. Kemudian korban berteriak minta tolong warga sekitar. Namun akibat api yang terlalu besar kemudian merembet ke sejumlah rumah lainnya.

Petugas kepolisian dan pemadam kebakaran yang berada di lokasi kemudian berusaha memadamkan api. Dibantu oleh warga bahu-membahu memadamkan api agar tidak menjalar ke bangunan lain. Hingga api berhasil dipadamkan dan telah menghanguskan sejumlah rumah

Kapolsek mengimbau kepada warga agar selalu berhati-hati dan waspada terhadap segala sesuatu yang dapat menimbulkan kebakaran. Jangan lupa mematikan tungku apabila sudah digunakan. Hal tersebut untuk mencegah korban kebakaran.